Senin 21 Nov 2016 10:14 WIB

Aman Mengemudi dengan Memahami Tiga Hal

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Wanita mengemudi mobil.
Foto: Pexels
Wanita mengemudi mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berkendara motor atau mobil di jalan raya bukan hanya tanggung jawab pada diri sendiri. Setiap individu perlu memahami aturan, keahlian, dan etika saat berkendara untuk menjamin keselamatan pengguna jalan lainnya.

Tiga hal tersebut, menurut Perwakilan Road Safety Association (RSA) Rio Oktaviano, merupakan segitiga RSA. Di mana memahami aturan, keahlian, dan etika dapat menjamin keselamatan bersama di jalan raya.

"Kalau di jalan tidak dipungkiri tidak hanya berhadapan dengan aturan, tapi masih ada etika, di mana mau nggak mau berbagi jalan dengan orang lain," kata Rio dalam acara "Queenriders #WomenRideSafe", Ahad (20/11).

Saat di jalan raya, menurut Rio, seseorang bukan menjadi individu saja, tapi bagian masyarakat. Di mana dalam masyarakat ada hak dan kewajiban yang harus dipatuhi.

Mengetahui peraturan, memiliki keahlian berkendaran, dan melakukan etika menjadi kewajiban yang harus dipenuhi. Tidak hanya pengemudi meminta hak ketika kewajibannya diabaikan.

"Kaya menggunakan bahu jalan, secara aturan sudah salah, etika pun menyalahi karena ketika macet nantinya akan merebut jalur orang lain," ujar Rio.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement