Selasa 15 Nov 2016 11:01 WIB

4 Tips Investasi Bagi Mahasiswa

Salah satu cara mencapai kebebasan finansial adalah dengan berinvestasi sejak dini.
Foto: wikipedia
Salah satu cara mencapai kebebasan finansial adalah dengan berinvestasi sejak dini.

REPUBLIKA.CO.ID, Istilah investasi dulu sepertinya hanya dikenal di kalangan orang-orang yang memiliki uang banyak dan bekerja sebagai investor. Selain itu, investasi biasanya identik dengan sejumlah uang yang banyak yang kemudian dijadikan modal untuk meraih keuntungan yang lebih besar. Saat itu, investasi belum diminati di kalangan umum, khususnya kalangan anak muda.

Seiring berkembangnya zaman, dan munculnya keinginan sebagian orang untuk memiliki keadaan finansial yang baik, investasi mulai dikenal oleh berbagai kalangan. Para mahasiswa juga mulai tertarik dengan investasi ini, karena memang memberikan dampak yang positif terutama terhadap masalah keuangan.

Investasi sebaiknya memang dilakukan sejak dini, agar di masa depan nanti, kita tinggal menikmati hasilnya. Jika Anda seorang mahasiswa dan mulai tertarik dengan investasi, Simak 4 tips berikut ini sebelum mulai terjun di dunia investasi:

Ketahui Seluk Beluk Investasi

Ketahui seluk beluk investasi dan mulailah dari mengerti akan definisi investasi itu sendiri. Setelah itu, pahami apa tujuan dari adanya investasi dan hal lainnya yang berhubungan dengan investasi. Jika kuliah di Jurusan ekonomi bisnis atau manajemen, Anda akan banyak menemukan literatur mengenai investasi tersebut. saat ini, di beberapa Universitas juga sudah mulai diterapkan bagaimana cara sederhana untuk berinvestasi dalam bidang bisnis skala kecil yang dilakukan oleh para mahasiswanya. Jika di kampus ada kegiatan seperti itu, bisa ikut serta di dalamnya.

Pilih Investasi Terbaik

Investasi rupanya tidak hanya sekedar menyimpan uang di bank, atau menyimpan sejumlah uang untuk modal sebuah usaha. Saat ini ada banyak bentuk investasi yang ditawarkan dalam berbagai jenis. Sayangnya, tidak semua jenis investasi ini akan menguntungkan, sebagiannya ada yang merupakan jenis investasi bodong atau ilegal, yang perlu dihindari. Sebaiknya untuk investasor pemula, mulai dengan investasi yang paling Umum yang sejak dulu ada, seperti deposito atau tabungan khusus. Investasi lainnya yang cukup populer dan terbukti menguntungkan adalah investasi emas dan juga investasi untuk beberapa usaha Kuliner.

Analisa Perkembangan Investasi

Tips selanjutnya adalah lakukan analisa terhadap perkembangan investasi yang telah dilakukan. Seperti jika kamu memilih untuk berinvestasi Saham. Kamu harus mengamati pergerakan  harga dan volume saham tersebut. pada jenis investasi ini, tidak bisa hanya mengandalkan deviden yang diberikan melalui penyertaan modal, harus melakukan trading saham  untuk mendapatkan keuntungan.

Jangan Mudah Tergiur

Sebagai mahasiswa yang juga pemula dalam dunia investasi, jangan mudah tergiur dengan jenis investasi yang terlihat mudah dan menjanjikan keuntungan yang besar.  Cobalah gunakan uang dan logikamu dengan bijak. Ikuti investasi yang memang masuk akal antara yang diinvestasikan dengan yang akan didapat. Sebagai mahasiswa, tugas tentunya masih banyak, pengeluaran juga banyak, jangan terlalu fokus pada investasi sehingga menelantarkan kewajibanmu yang penting.

Jangan Mudah Tergiur Investasi yang Mudah di Awal

Salah satu ciri investasi bodong atau yang ilegal adalah menawarkan cara yang cukup ringan, serta keuntungan yang sebesar-besarnya. Pastikan hanya memilih investasi yang populer dan terpercaya. Selain itu, cek kondisi keuanganmu, apakah sanggup mengikuti investasi yang diinginkan. Dengan begitu, Anda akan banyak belajar tentang investasi dan lebih memahami perkembangannya nanti.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement