Senin 14 Nov 2016 10:04 WIB

Perhatikan Ini Sebelum Membangun Rumah Hoek

Rumah di sudut
Foto: ist
Rumah di sudut

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak keuntungan memiliki tanah dan membangun rumah di atas lahan hoek atau sudut. Lahan yang berada di sudut atau pojokan tanah kavling, yang biasanya lebih luas dan lebih mahal. Misalnya, sirkulasi udara yang baik dan besar, letak strategis, dan sebagainya.

Meski demikian, rumah hoek juga memiliki sejumlah kelemahan. Salah satunya ialah mitos yang beredar terkait energi negatif dari rumah hoek untuk penghuninya. Kelemahan ini bisa dihindari atau diminimalisir, dengan memperhatikan sejumlah hal berikut, saat membangun rumah. Di antaranya:

Fasad dan Pintu Rumah

Letaknya yang ada di sudut atau pojokan, membuat rumah hoek memiliki 2 sisi potensial untuk fasad. Sebaiknya tentukan dengan cermat, bagian mana yang akan menjadi wajah depan dan untuk meletakkan pintu masuk utama.

Jika Anda memiliki dana terbatas, tidak harus membuat dua fasad sekaligus. Cukup membuat fasad di salah satu sisi, sedangkan sisi lainnya dihias dengan cara yang lain. Memiliki hanya satu fasad memudahkan Anda untuk membagi ruangan. Namun, bila bangunan untuk usaha, desain dua fasad lebih dianjurkan.

Jarak Batas Rumah dan Jalan

Garis Sempadan Bangunan (GSB) dan Garis Sempadan Jalan (GSJ) adalah dua faktor penting yang perlu dperhatikan saat hendak membangun rumah di lahan hoek. GSB ialah garis imajiner yang membatasi jarak terdekat banguan pada tepi jalan, sedangkan GSJ adalah garis pekarangan terdepan atau batas terdepan pagar halaman yang boleh didirikan.

Rumah hoek memiliki dua sisi yang berhadapan dengan jalan. Dengan kata lain batas GSB da GSJ tentu lebih lebar dan perlu diperhatikan. Aturan mengenai GSB dan GSJ sendiri sudah tercantum dalam Undang-Undang.

Privasi dan Keamanan Rumah

Risiko keamanan di lahan hoek lebih tinggi, karena berada di ujung jalan. Apalagi rumah tersebut dibangun tanpa pagar atau hanya dengan pagar pendek. Penghuni rumah hoek cenderung mudah dilihat segala aktivitasnya oleh orang yang berlalu-lalang.

Kondisi terbuka ini juga menjadi kesmepatan bagi pencuri dan perampok. Selain itu, ada risiko kecelakaan yang bisa saja terjadi. Untuk itu, sebelum mendesain baiknya perhatikan faktor privasi dan keamanan secara mendetail.  

sumber : Rumahku.com

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement