Selasa 08 Nov 2016 15:38 WIB

Najwa Shihab: Membaca Dapat Latih Logika Berpikir

Rep: Sri Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Najwa Shihab
Foto: Yogi Ardhi/republika
Najwa Shihab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presenter televisi Najwa Shihab berbagi cerita tentang kegemarannya membaca dengan 36 anak peserta Konferensi Anak Indonesia 2016 di Jakarta, Selasa (8/11). Menurut wanita yang terpilih menjadi Duta Baca Indonesia 2016 oleh Perpustakaan Nasional RI ini, salah satu manfaat membaca adalah dapat melatih logika berpikir.

Ia mencotonhkan, dengan membaca sebuah cerita sederhana, seseorang akan mampu menganalisa awal cerita, proses berjalannya cerita, hingga penyelesaiannya. Dengan begitu, seorang yang gemar membaca akan terlatih melihat permasalahan lebih luas.  

"Sekarang banyak yang menyebarkan berita tidak bertanggung jawab. Tidak dibaca, langsung disebar aja. Nggak peduli sudah dicek atau belum. Itu contoh yang tidak terbiasa melatih logika berpikir karena tidak terbiasa membaca dalam waktu cukup panjang," kata Putri ulama Quraish Shihab ini.  

Membaca juga berperan dalam membawa dia pada profesi jurnalis dan presenter televisi. Untuk memperkaya pengetahuannya, selain membaca, ia juga gemar mengajukan pertanyaan dan berdiskusi. 

Manfaat lain membaca juga ia rasakan di bangku SMA. Ketika itu, Najwa juga sempat mengikuti pertukaran pelajar. Ia berkesempatan tinggal di Amerika Serikat selama setahun. Dalam proses seleksi, ia mengaku banyak mendapatkan pertanyaan yang menguji pengetahuan umum dan daya imajinasinya.

"Dalam proses seleksi ditanya pengetahuan umum dan imajinasinya. Apa bayangan anak 15 tahun yang belum pernah ke Amerika tentang negara Amerika? Kalau nggak baca buku (saya) nggak bakal tahu tentang Amerika," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement