Senin 07 Nov 2016 14:46 WIB

Tips Jaga Makanan di Rumah Bebas Semut

Semut
Foto: Pixabay
Semut

REPUBLIKA.CO.ID, Semut yang mendatangi makanan terkadang sangat menjengkelkan. Makanan sudah disembunyikan di tempat yang aman, namun entah bagaimana semut tetap bisa menemukannya.

Bila Anda penasaran, ini karena semut mengandalkan jejak aroma yang ditinggalkan oleh semut pekerja. Ini jadi pemandu untuk koloni menuju ke sumber makanan di rumah.

Cara paling efektif agar semut tak mengganggu makanan ialah dengan menghapus jejak aroma tersebut. Sayangnya, jejak aroma ini tidak bisa dilihat dengan mudah oleh manusia. Tapi bukan berarti tidak ada caranya. Anda bisa mencoba beberapa tips berikut untuk menghapus jejak aroma.

Pertama-tama manfaatkan cuka di dapur. Isilah sebuah botol semprot dengan cuka, lalu semprotkan pada jalur di mana semut melintas. Diamkan hingga cuka mengering dan ini akan mengapus jejak aroma tersebut.

Penting diperhatikan untuk tak sembarangan menyemprotkan cairan cuka pada bagian rumah Anda. Ini bisa bekas noda atau kerusakan pada material yang rentan cairan asam.

Selain cuka, Anda juga bisa memanfaatkan baking soda. Campurkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta. Lalu gunakan pasta tersebut untuk membersihkan jalur yang digunakan semut. Baking soda juga bisa digunakan dalam bentuk kering, dengan menaburkannya di jalan semut dan celah retakan.

Bahan lain yang bisa dimanfaatkan ialah kayu manis karena semut membencinya. Mereka akan pergi ke jalur lain untuk menghindari wangi kayu manis. Jadi, tebarkan kayu manis di sepanjang jalan semut, termasuk di retakan dan celah di dinding.

Bahan terakhir yang bisa digunakan ialah kapur dan cukup goreskan di sepanjang jalur yang dilalui semut. Aroma penunjuk tersebut bisa tertutupi oleh kapur dan membuat semut mencari tempat lainnya.

sumber : Rumahku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement