Senin 07 Nov 2016 09:07 WIB

Danar Hadi Dekatkan Generasi Muda dengan Batik

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Damanhuri Zuhri
Batik Danar Hadi
Foto: danarhadi
Batik Danar Hadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Animo masyarakat terhadap batik memang sudah jauh lebih besar saat ini. Akan tetapi, tak jarang anak muda merasa enggan untuk mengenakan batik kecuali dalam acara-acara tertentu seperti ke kantor atau ketika menghadiri acara pernikahan.

Menyadari hal tersebut, Danar Hadi melalui lini fesyen terbarunya yaitu DAYS by Danar Hadi mencoba untuk mematahkan anggapan tersebut.

Managing Director Batik Danar Hadi, Diana Santosa mengatakan koleksi terbaru DAYS by Danar Hadi hadir dengan tiga kategori produk yang tak hanya bisa merangkul anak muda pecinta batik tetapi juga anak muda yang belum begitu akrab dengan batik.

"Ada tiga kategori, yaitu koleksi Basic, Ethnic dan juga Blank," ungkap Diana Santosa ketika ditemui dalam peluncuran koleksi terbaru DAYS by Danar Hadi di Jakarta.

Diana mengatakan koleksi Basic menghadirkan tekstil bermotif batik dengan memanfaatkan teknik manual printing. Koleksi ini hadir dengan motif-motif batik beragam warna dan mengadopsi garis desain motifnya dari ragam hiasan motif-motif batik yang khas.

Dengan harga yang lebih terjangkau, Diana mengatakan koleksi //Basic// sangat pas untuk generasi muda yang tak jarang berorientasi pada harga.

Sedangkan koleksi Ethnic hadir lebih eksklusif dengan menggunakan teknik buatan tangan. Koleksi-koleksi Ethnic, lanjut Diana, diproduksi dengan cara teknik cap tradisional sehingga jumlah produk yang dipasarkan lebih terbatas jika dibandingkan dengan koleksi Basic ataupun Blank.

Kualitas batik buatan tangan dari koleksi Ethnic dinilai Diana dapat merangkul generasi muda yang memang sudah mengenal batik dan menyukai batik-batik otentik.

Koleksi lainnya yaitu Blank hadir dengan gaya yang lebih unik dan minimalis. Pada koleksi ini, batik dipadukan dengan berbagai bahan lain sehingga sangat cocok digunakan oleh mereka yang belum terlalu familiar dengan batik.

Dengan motif-motif yang lebih sederhana namun menarik, koleksi Blank akan sangat memudahkan generasi muda yang baru mengenal batik untuk bereksperimen dan memadu-padankan penampilan mereka. "Karena rata-rata anak muda tidak mau terlihat berat," ujar Diana menjelaskan.

Senada dengan Diana, perancang busana DAYS by Danar Hadi, Nega Paramita, mengatakan koleksi terbaru ini sengaja dirancang agar generasi muda tak lagi ragu untuk mengenakan batik di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, motif-motif klasik yang digunakan dalam koleksi bertema In Every Which Way ini dibuat lebih berwarna dan dimodifikasi agar lebih bernuansa pop art.

Selain itu koleksi terbaru DAYS by Danar Hadi ini juga hadir dalam model dan gaya yang lebih moderen serta dinamis. Untuk wanita misalnya, didominasi oleh loose cutting, akses asimetris dan boxy shapes.

Sedangkan untuk pria, lebih didominasi oleh slim fit shapes. Oleh karena itu, koleksi bertema In Every Which Way ini bisa dikenakan untuk bekerja (karir), saat melakukan hobi (hobi), ketika berjalan-jalan (travelling), hingga berkumpul bersama teman (night life).

"Kamu bebas ngapain aja dengan batik-batik ini. Mau dimix and match dengan gaya edgy hingga feminin. Ekspresikan gaya kamu sendiri dengan koleksi ini (In Every Which Way)," ujar Nega.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement