Sabtu 05 Nov 2016 18:18 WIB

Lokananta Luncurkan Distribusi Lagu Secara Digital

Koleksi piringan hitam di Lokananta Solo
Foto: Andika Betha/Antara
Koleksi piringan hitam di Lokananta Solo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) Cabang Surakarta-Lokananta bekerja sama dengan JK Records akan meluncurkan distribusi secara streaming koleksi lagu-lagu Lokananta yang dapat dinikmati melalui aplikasi Spotify dan Deezer.

Kepala Perum PNRI Cabang Surakarta-Lokananta Miftah C Zubir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (5/11), mengatakan bahwa pihaknya berharap para pecinta dan penikmat musik akan lebih mudah untuk dapat mengakses koleksi lagu-lagu Lokananta serta melacak kembali karya-karya musik nusantara di era lampau.

Meski saat ini belum semua koleksi dapat Lokananta distribusikan, namun ke depan, ia berharap seluruh koleksi lagu-lagu Lokananta akan dapat diakses dan ke berbagai aplikasi streaming lainnya. "Kami akan lakukan bertahap," ujar dia.

Sebelumnya, pada 15 Oktober 2016, Lokananta bekerja sama dengan Lokananta Project secara resmi meluncurkan perpustakaan digital arsip musik www.lokanantamusik.com dan buku Lokananta.

Peluncuran hari ini, akan dibuka oleh penampilan juara lomba keroncong Jejak Sang Maestro-Waldjinah kategori SD dan SMP yang telah berlangsung pada tanggal 16 sampai 19 Oktober 2016, sebagai bagian dari peringatan ulang tahun Lokananta.

Selain itu, juga akan dimeriahkan oleh penampilan Solo Jazz Society yang akan membawakan repertoar koleksi musik-musik tradisional dan perjuangan Lokananta.

Acara peluncuran yang juga dilakukan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-60 Lokananta yang jatuh pada 29 Oktober 2016 berlangsung di Studio Lokananta, Jalan Ahmad Yani 39, Kerten, Surakarta, Jawa Tengah.

Lokananta yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah merupakan perusahaan rekaman musik (label) pertama di Indonesia yang berdiri pada 1956. Perusahaan negara ini hingga sekarang masih menyimpan ribuan lagu-lagu daerah dan lagu pop lama termasuk keroncong hingga pidato-pidato kenegaraan Presiden Soekarno.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement