Kamis 03 Nov 2016 12:27 WIB

Ini 3 Langkah Perawatan Dasar Kulit Wajah

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Rangkaian produk perawatan wajah Nivea
Foto: Desy Susilawati/Republika
Rangkaian produk perawatan wajah Nivea

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menggunakan kosmetik biasanya diidentikan dengan merias wajah. Padahal kosmetik bukan itu saja. Menurut dokter spesialis kulit dari Klinik Sakti Medika, Tina Wardhani Wisesa, kosmetik di bagi menjadi dua. Apa saja?

Pertama kosmetik pemeliharaan dan perawatan kulit. Tujuannya untuk memelihara kesehatan kulit agar tetap sehat dan merawat kulit yang kurang sehat menjadi sehat.

Kedua, kosmetik dekoratif atau rias. Tujuannya mempercantik diri, memperbaiki penampilan dan menutupi kekurangan. Nah, ada tiga langkah perawatan dasar kulit wajah.

Kosmetik pembersih

Kosmetik pembersih wajah bisa membersihkan permukaan kulit dari kotoran, minyak, sisa kosmetik tanpa mengganggu kulit. Langkah ini juga berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Tina menyarankan untuk kosmetik pembersih gunakan dua sampai tiga kali sehari. Jenis pembersih yang digunakan berupa cleansing milk, cleansing oil, sabun, astringen atau tonik atau penyegar, scrub dan masker.

"Pilih pembersih yang cocok. Jangan dibawa tidur wajah penuh riasan," sarannya dalam acara media workshop The Nivea Experience di Jakarta, Rabu (2/11).

Kosmetik pelembab

Fungsinya mengurangi kekeringan kulit, mengurangi penguapan kulit, mempertahankan kadar air di kulit sehingga kulit tampak segar. Ada beberapa jenis penyegar yaitu moustirizing oil, moustirizing cream, night cream, anti wrinkle,  dan anti aging. "Begitu selesai dibersihkan gunakan pelembab di wajah, leher dan bibir," tambahnya.

Kosmetik pelindung

Ini berfungsi melindungi kulit dari pengaruh lingkungan yang merugikan. Kosmetik pelindung terdiri atas dua macam. Yaitu proteksi terhadap polusi, proteksi terhadap sinar ultraviolet atau kosmetik tabir surya. Cara kerjanya menyaring sinar matahari (sun cream) dan menahan seluruh sinar matahari (sunblock).

"Dulu produk hanya melindungi sinar UV A atau sinar UV B. Sekarang semua produk pelindung untuk filtrasi sinar UVA UVB yang menyebabkan kulit lebih cepat menua," ujarnya.

Bukan hanya di wajah, tiga langkah ini juga bisa dilakukan di tubuh. Misalnya pembersih dengan sabun. Pelembab dengan body lotion, body cream dan pelindung dengan sun protection.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement