Kamis 03 Nov 2016 06:06 WIB

Mencicipi Kuliner Khas Saat Piknik ke Makassar

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Dwi Murdaningsih
Rumah makan Coto Nusantara, Makassar
Foto: annafardiana
Rumah makan Coto Nusantara, Makassar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menginjakkan kaki di Makassar rasanya kurang lengkap tanpa mencicipi hidangan khas kota Daeng. Maklum saja, kota yang terletak di Sulawesi Selatan ini menyimpan banyak wisata kuliner yang dapat menggoyang lidah.

Sop Konro dan Konro Bakar sudah pasti menjadi incaran saat Anda berkunjung ke Makassar. Selain kedua masakan itu, Kota Kelahiran Sultan Hasanuddin ini masih menyimpan berbagai jenis kuliner yang jangan sampai terlewat.

Pisang Ijo

Siapa yang bisa menolak kenikmatan pisang yang satu ini? paduan pisang dan tepung beras ditambah bubur, sirop dan es serut membuat hidangan ini benar-benar mengugah selera. Hidangan ini Cocok dinikmati saat udara panas.

Pisang ijo berupa pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau dan cara memasaknya dengan mengkukus di sebuah dandang. Tepung berwarna dibuat dari tepung, air, pewarna hijau atau air daun suji dan air daun pandan.

Kuliner Pedas Makassar

Bagi Anda yang gemar dengan kuliner pedas, Nasu Palekko tentu tidak boleh tertinggal. Makanan ini terbuat dari daging itik atau daging yang dipotong-potong dan dimasak dengan rasa pedas.

Makanan suku Bugis ini biasanya memeiliki aroma khas yang berasal dari minyak goreng yang berasal dari lemak bebek. Nasu Palekko kerap disajikan berbarengan dengan lontong. Selain Nasu Palekko, kuliner pedas lainya adalah nasu cemba asal Enrekang. Nasu Cemba merupakan sup daging sapi yang diolah dengan bumbu daun cemba.

Aneka makanan berkuah

Coto Makassar sudah pasti jangan Anda tinggalkan. Makanan yang biasa berisi daging atau jeroan sapi ini berkuah cokelat keruh yang gurih. Makanan ini kerap disajikan bersama dengan ketupat. Hidangan ini biasa dimakan sebagai sarapan di Makassar.

Makassar juga memiliki kuliner kuah lain yakni Sop saudara. Sekilas makanan ini memang mirip dengan Coto Makassar karena memiliki kuah yang pekat dan kental, bedanya sop saudara berisi bihun dan perkedel. Masakan ini umum dikonsumsi bersama dengan nasi putih dan ikan bolu (bandeng) bakar.

(sumber foto: masakankoki.com)

Kuliner kuah lainnya adalah Pallubasa. Masakan ini hampir seperti Coto dan Sop Saudara yang berisi daging sapi. Hanya saja, kuliner ini ditambah dengan taburan serundeng dan biasa disajikan bersama nasi putih. Pallubasa juga sering ditambah telur mentah yang kemudian akan masak dengan sendirinya karena kuah yang panas.

Makassar bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Bagi Anda yang berasal dari luar kota tentu harus mempersiapkan liburan di Makassar ini dengan natang. jangan lupa pesan  dulu hotel jika ingin bermalam dan menjelajah kuliner Makassar.

 

 

Melalui aplikasi Android dan Apple Store seperti yang disediakan hotel Airy Rooms. Selain itu Anda juga bisa reservasi lewat situs www.airyrooms.com atau untuk layanan konsumen bisa menghubungi 0804-111-2479 (fix line) dan 0812-8070-0020 (WhatsApp). Falitasnya oke dan lengkap (memiliki 7 jaminan fasilitas di setiap kamar : AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis). Pembayarannya juga fleksibel bisa bayar lewat bank transfer dan juga kartu kredit.

Jadi tunggu apa lagi? yuk menjelajah Makassar...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement