Selasa 01 Nov 2016 09:52 WIB

Ini Program TV dengan Penonton Terbanyak di Inggris

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Wawancara Putri Diana menjadi film dokumenter yang paling banyak ditonton di Inggris
Foto: Telegraph
Wawancara Putri Diana menjadi film dokumenter yang paling banyak ditonton di Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pekan ini adalah perayaan 80 tahun bermulanya siaran televisi di Inggris. Menandai peringatan itu, Press Association menyusun pemeringkatan program televisi dengan penonton terbanyak selama 80 tahun terakhir.

Wawancara Martin Bashir dengan Putri Diana menjadi film dokumenter yang paling banyak ditonton di Inggris. Acara yang tayang pada 1995 itu ditonton oleh 22,8 juta orang, sebuah rekor untuk program TV faktual.

Namun, acara itu tidak bisa mengalahkan sitkom klasik Only Fools And Horses yang menduduki puncak chart. Ada 24 juta orang yang menyaksikan acara ini, khususnya pada episode 29 Desember 1996 yang menceritakan David Jason Del Boy akhirnya kaya setelah melelang jam tangan antik.

Jumlah tersebut adalah rekor penonton terbanyak yang pernah tercatat untuk program TV transmisi tunggal di Inggris. Bahkan, ada total empat episode favorit dari sitkom itu yang menduduki peringkat 20 teratas.

Program tertua yang ada dalam peringkat adalah Royal Variety Performance edisi 10 November 1963 yang juga menampilkan kelompok musik The Beatles. Beberapa acara mengejutkan yaitu salah satu episode The Benny Hill Show pada 1979 dan acara kuis Sale Of The Century pada 1977.

Hiburan ringan tampak mendominasi grafik, dengan tiga perempat peringkat adalah komedi, acara kuis, atau variety show. Program lain termasuk episode opera sabun AS berjudul Dallas yang mengungkap insiden penembakan Taipan minyak JR Ewing.

BBC meluncurkan layanan TV reguler pertama pada 2 November 1936 pukul 03.00 dini hari, langsung dari Alexandra Palace di London utara. Sejak itu, televisi di Inggris telah berkembang menjadi lebih dari 300 saluran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement