Senin 31 Oct 2016 16:38 WIB

Peninggalan Bersejarah yang Ditemukan dalam Kotoran Manusia

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Ilmuwan membawa hasil penemuan artefak di Yunani.
Foto: EPA
Ilmuwan membawa hasil penemuan artefak di Yunani.

REPUBLIKA.CO.ID, Tak hanya berguna untuk memberikan informasi tentang apa yang dimakan dan diminum masyarakat suatu peradaban, kotoran manusia rupanya juga dapat melestarikan artefak selama berabad-abad. Berikut adalah beberapa peninggalan arkeologis yang ditemukan dalam kotoran manusia.

Kaki jerapah

Sebuah studi di saluran air selokan di kawasan Porta Stabia, Pompeii, Italia, menemukan makanan yang dinikmati para penduduk dari abad ke-1 Masehi. Selain makanan 'normal' seperti zaitun, kacang, buah, ikan lokal, serta ikan asin impor dari Spanyol, ternyata ada sisa makanan tak lazim juga yang dijumpai yakni kaki jerapah.

Cincin emas dan onyx

Cincin emas dan onyx berukir wajah Medusa ditemukan di jamban Benteng Romawi Vindolanda, Inggris. Benda berharga itu diduga adalah pusaka warisan milik keluarga komandan benteng yang berasal dari tahun 210 Masehi.

Kepala Patung Constantine

Para arkeolog menemukan kepala patung Kaisar Constantine saat membersihkan Kloaka Maxima, sebuah selokan besar di Roma, Italia, pada tahun 2005. Patung itu diketahui diukir antara tahun 312-325 Masehi dan sesungguhnya berupa patung seluruh tubuh sang kaisar dalam baju besi lengkap yang megah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement