Ahad 30 Oct 2016 19:59 WIB

Cara Pintar Hemat Bayar Tagihan Listrik

Menghemat listrik.
Foto: Pexels
Menghemat listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam kehidupan modern ini, hidup kita tidak dapat terlepas dari penggunaan alat-alat elektronik. Penggunaan alat elektronik ini sudah mencakup di hampir seluruh aspek, mulai dari hal-hal umum seperti penggunaan lampu, pompa air, televisi, hingga untuk mengisi ulang daya ponsel pintar yang sering digunakan. Penggunaan alat elektronik ini tentu membutuhkan sumber daya listrik dalam jumlah besar.

Energi listrik dihasilkan dari berbagai sumber, diantaranya adalah air, angin, nuklir, batu bara, maupun minyak. Sumber daya alam seperti batu bara dan minyak mempunyai keterbatasan, sehingga penggunaan listrik secara bijaksana juga perlu diterapkan untuk menjaga ketersediaan sumber daya alam tersebut. Selain faktor alam, menghemat listrik juga berguna bagi keuangan Anda. Apalagi saat ini pemerintah juga mulai mengurangi subsidi listrik, sehingga tarif yang dikenakan juga makin tinggi.

Penghematan ini sebenarnya juga tidak susah untuk dilakukan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba untuk menghemat penggunaan listrik:

Cabut kabel atau peralatan yang tidak terpakai dari sakelar

Mulailah membiasakan diri untuk mencabut kabel dari perangkat yang tidak terpakai dari sakelar. Meskipun tampaknya alat elektronik tidak bekerja dan tidak kita gunakan, tetapi kabel yang terhubung dengan sakelar tetap dialiri listrik dan membuat aliran tersebut terbuang sia-sia. Hal ini juga menyebabkan bengkaknya tagihan listrik Anda.

Menggunakan listrik dengan sistem pulsa

Saat ini semakin marak penggunaan sistem pulsa untuk pembayaran tagihan listrik. Layaknya penggunaan kartu prabayar pada telepon seluler, penggunaan sistem pulsa pada listrik juga membantu Anda menghemat penggunaan listrik karena dapat membeli seperlunya. Dengan demikian penggunaan listrik lebih terkontrol. Saat pulsa Anda habis, Anda menyadari penggunaan yang telah tercapai dalam bulan tersebut sehingga bisa lebih perhatian dalam penghematan listrik

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement