Sabtu 22 Oct 2016 06:06 WIB

Beragam Festival yang Wajib Anda Kunjungi di Yogyakarta

 Sejumlah penari membawakan tarian kolosal yang mengisahkan penyebaran agama Islam di tanah Jawa saat pembukaan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) Tahun Wawu 1945/2011 Masehi di kawasan ALun-ALun Utara, Yogyakarta, Rabu (28/12).
Foto: Antara/Noveradika
Sejumlah penari membawakan tarian kolosal yang mengisahkan penyebaran agama Islam di tanah Jawa saat pembukaan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) Tahun Wawu 1945/2011 Masehi di kawasan ALun-ALun Utara, Yogyakarta, Rabu (28/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah anda suka berwisata ke suatu tempat? Tempat mana saja yang pernah anda kunjungi sebagai salah satu tujuan berwisata anda. Jika anda berkunjung ke daerah Jawa Tengah, anda disarankan untuk singgah di  Yogyakarta. Kota ini terletak di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang mana masih berada di dekat Provinsi Jawa Tengah kira-kira 2 jam dari Kota Solo atau 1 jam dari Kota Klaten apabila ditempuh menggunakan jalur transportasi darat.

Kota Yogyakarta selain dikenal dengan berbagai tempat wisatanya yang unik dan menarik, Yogyakarta dikenal dengan wisata budayanya. Setiap bulan, kota ini selalu mengadakan berbagai macam acara berupa festival-festival kebudayaan yang mana biasanya banyak dilihat oleh para wisatawan lokal maupun domestik. Banyak sekali acara festival dan karnaval yang diagendakan di kota gudeg ini pada setiap tahunnya. Karnaval-karnaval ini biasanya diadakan di sepanjang jalan Malioboro yang mana menjadi  pusat wisata belanja dan kulinernya kota pelajar ini.

Selain terkenal dengan Tugu Pal Putih yang mana dijadikan sebagai ikon dari kota Jogja, kota yang disebut juga dengan kota pelajar ini juga sangat terkenal dengan wisata budayanya yang mana terdiri dari berbagai macam festival yang banyak digelar setiap bulan atau tahunnya.

Dari beberapa festival yang digelar di Kota Jogja ini, ada dua jenis festival yang wajib Anda tonton dan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata budaya Anda di Kota Jogja, yaitu :

Sekaten dan Grebeg Maulud

Festival sekaten dan Grebeg Maulud ini biasanya diadakan pada bulan Maulud pada penanggalan kalender jawa. Festival Sekaten berupa pasar malam yang menyajikan berbagai macam jajanan, dan benda-benda tradisional yang dijual di acara tersebut. Selain itu, pada festival ini juga terdapat berbagai macam wahana permainan anak serta panggung-panggung hiburan yang menyajikan berbagai macam pertunjukan yang menarik.

Festival pasar malam Sekaten ini dilakukan selama satu bulan penuh yang mana berlokasi di Alun – Alun Utara kota Yogyakarta tepatnya di depan Keraton Kasultanan Yogyakarta. Banyak sekali para wisatawan yang berasal dari dalam maupun luar Kota Jogja datang ke pasar malam ini. Nah, puncak dari acara pasar malam Sekaten ini adalah Festival Grebeg Maulud. Diadakannya festival ini menandakan bahwa acara pasar malam Sekaten sudah berakhir.

Festival Grebeg Maulud ini berupa gunungan raksasa yang berisi hasil bumi yang mana akan diarak dari Keraton menuju Masjid Agung Yogyakarta yang akan didoakan terlebih dahulu dan setelah itu para warga bisa berebut untuk memperoleh gunungan tersebut. Konon, jika bisa mendapatkan benda pada gunungan tersebut akan mendapatkan banyak berkah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement