Jumat 21 Oct 2016 13:27 WIB

Delapan Karakter yang Perlu Dimiliki Pengusaha

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri
Pengusaha muda. Ilustrasi
Foto: .
Pengusaha muda. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang ingin menjadi hebat untuk bidang yang digelutinya. Termasuk bagi orang-orang yang memutuskan menjadi pengusaha.

Mesti tidak mudah, pengusaha dinilai memiliki nilai tambah. Sebab, mereka memberikan peluang untuk orang lain bergabung dan bekerja sama.

Pendiri Uber Travis Kalanick salah satu pengusaha yang dapat melibatkan banyak orang di banyak negara.

Menurut dia menjadi pengusaha hanya perlu mencoba untuk berpikir kreatif untuk menemukan solusinya.

Selain itu, Travis Kalanick juga mengatakan ada delapan karakter yang harus dimiliki seorang pengusaha hebat. Dari keterangan resmi yang diterima Jumat (21/10), berikut rinciannya.

Pahami apa tujuanmu

Kenali siapa Anda, mulai dari hal yang paling dikuasai, dan hal yang paling tidak dikuasai. Setelah itu, Anda akan menemukan ide dan itu akan memiliki makna yang lebih mendalam.

Temukan keajaiban

Keajaiban merupakan perasaan sangat spesial yang akan diketahui saat melihatnya. Ketika keajaiban itu sudah dapat dilakukan maka terus buat keajaiban-keajaiban yang baru untuk memenuhi ekspektasi yang diharapkan

Menyukai masalah yang sulit

Coba carilah hal yang sulit untuk Anda. Karena dengan masalah sulit itu, Anda akan menciptakan nilai bertahan, nilai yang selalu hidup, dan keajaiban yang berkelanjutan.

Tahu persepsi vs realita

Para pengusaha bekerja di antara persepsi umum dan determinasi serta keyakinan mereka sendiri terhadap realita.  Pengusaha hebat dapat melihat saat dunia ini memiliki pemahaman yang salah. Dan saat Anda melihat dunia ini memiliki pemahaman yang salah, Anda harus bisa dan mau berteguh pada prinsipmu, lalu membuktikannya.

Punya kemampuan analitis dan kreatif

Kalanick mengaku menguji calon pegawai dalam kemampuan kreatif dan analitis. Keduanya sama-sama dibutuhkan dan ini juga dibutuhkan oleh para pengusaha serta engineer sekalipun.

Mau terjun langsung ke pasar

Begitu banyak pengusaha yang punya ide bagus yang fantastis, tapi mereka tidak tahu bagaimana membawanya ke pasar. Anda tidak boleh takut menjadi seorang juru pemasar.

Menikmati prosesnya

Menjadi pengusaha kadang membuat kesepian dan melalui masa-masa sangat sulit. Kuncinya terletak pada kepercayaan dengan apa yang dilakukan, pecahkan solusinya dan nikmati prosesnya.

Anda harus merasa bersemangat untuk kembali bangkit, dan tentunya, menikmati apa yang dilakukan akan membantu mempunya pola pikir seperti pemenang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement