Senin 10 Oct 2016 10:06 WIB

7 Tempat Aman Jual Beli Emas

 Petugas menunjukan contoh emas batangan atau logam mulia produksi Aneka Tambang di Pegadaian, Jakarta, Jumat (20/6).
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Petugas menunjukan contoh emas batangan atau logam mulia produksi Aneka Tambang di Pegadaian, Jakarta, Jumat (20/6).

REPUBLIKA.CO.ID, Investasi emas menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat khususnya bagi para ibu yang ingin mendapatkan kenaikan harga emas dengan tingkat likuiditas tinggi. Artinya, menyimpan emas untuk jangka panjang menguntungkan karena harganya cenderung naik, sekaligus mudah untuk dijual untuk mendapatkan uang saat kondisi keuangan butuh dana darurat. Investasi emas ini cocok buat mereka yang berniat menanam sebuah investasi untuk masa depan tapi cenderung awam terhadap mekanisme investasi di bank atau bursa efek.

Bagi ibu rumah tangga, selain bisa dijadikan investasi, khusus emas perhiasan juga dapat dipakai sebagai aksesoris untuk mempercantik diri dalam beberapa kegiatan seperti arisan atau ke pesta perkawinan misalnya. Jika tujuan membeli emas untuk investasi, maka disarankan membeli jenis emas batangan dari Antam (PT Aneka Tambang), bisa dalam bentuk emas 1 gram, 5 gram, 10 gram, 15 gram, dan sebagainya. Untuk menjaga kualitas emas yang dibeli, sebaiknya membeli emas tersebut di tempat resmi penjualan emas berikut ini:

Jual Beli Emas Pegadaian

Pegadaian, selama ini dikenal sebagai tempat mendapatkan uang tunai dengan menjaminkan barang yang dimiliki dengan istilah gadai. Pegadaian kini berkembang melayani transaksi baik itu konvensional maupun syariah, dengan pengembangan bisnis jual beli emas secara tunai dan kredit. Tapi hanya Pegadaian yang punya outlet Galeri 24 yang melayani pembelian secara tunai. Kalau di kantor cabang di daerah-daerah biasanya hanya melayani kredit. Semua emas yang dijual di Pegadaian berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) sehingga terjaga kualitasnya.

Jual Beli Emas di Unit Bisnis Antam

Unit Bisnis Antam berlokasi di Pulogadung, Jakarta Timur melayani jual beli emas dengan harga murah karena langsung dari produsennya. Transaksi harian jumlah pembeli dibatasi sampai 150 orang saja. Selain antrian, unit bisnis Antam juga melayani pembelian lewat delivery order, berlaku juga untuk beberapa daerah-daerah tertentu. Tapi, kita akan dikenai biaya antar. Harga beli kembali (buyback) emas produk Antam sebesar 95 persen dari harga pasar. Artinya harga yang ditetapkan kalau kita menjual emas yang dulu dibeli dari Antam sebesar 95 persen dari harga pasar.

Jual Beli Emas di Gedung Pusat Antam

Gedung pusat Antam di  Jalan Simatupang, Jakarta juga melayani jual beli emas, dengan harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan di Unit Bisnis di Pulogadung. Jumlah pembeli di sini lebih sedikit, sehingga tak berjubel. Kelebihan lainnya adalah kita bisa membeli emas tanpa batas.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement