Sabtu 08 Oct 2016 11:31 WIB

Banyak Senyum, Cara Sederhana untuk Tingkatkan Kesehatan

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih
Perempuan tersenyum bahagia
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Perempuan tersenyum bahagia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Anda tentu sering mendengar senyum membuat siapapun akan terlihat lebih cantik dan tampan. Tapi Apakah Anda tahu kalau senyum juga baik untuk kesehatan? Sejumlah penelitian dan studi telah membuktikan bahwa senyum sesering mungkin bisa meningkatkan kesehatan fisik maupun mental Anda secara drastis.

Seperti dikutip laman Boldsky, Sabtu (8/10), tersenyum sangat baik untuk kesehatan jantung. Sebab,  cara ini bisa membuat rileks otak dan menurunkan tekanan darah Anda. Oleh karena itu, wajar jika tingkat stress terutama pada jantung juga berkurang.

Jika Anda takut tua, maka perbanyak senyumlah. Riset mengungkapkan, senyum mampu memperlambat penuaan dini. Hal ini karena senyum bisa disebut sebagai latihan otot-otot wajah sehingga membuatnya lebih kencang.

Tersenyum juga bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda karena akan terlihat lebih santai. Tak hanya itu, sikap sederhana ini sudah diketahui jelas mampu menurunkan hormon stress pada Anda. Setidaknya, cara ini bisa menjadi jalan keluar mental Anda saat mengalami depresi maupun kecemasan tingkat tinggi.

Selain itu, tersenyum ternyata mampu meningkatkan hormon endorfin pada tubuh Anda. Dengan kata lain, sistem kekebalan tubuh semakin kuat. Namun yang paling penting di antaranya, tersenyum dapat mempererat hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement