Senin 03 Oct 2016 07:01 WIB

Cara Valerina Daniel Tumbuhkan Kecintaan Lingkungan di Anak

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Valerina Daniel dan putrinya, Keisha.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Valerina Daniel dan putrinya, Keisha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian akan lingkungan pada anak tidak perlu dilakukan dengan cara yang rumit dan 'berat'. Tindakan sederhana seperti menanam pohon ternyata bisa menjadi pintu bagi orang tua untuk menanamkan rasa cinta lingkungan pada anak-anak mereka.

Setidaknya hal itu yang dirasakan oleh duta tetap Kementerian Lingkungan Hidup, Valerina Novita Daniel. Di lingkungan keluarga kecilnya, Valerina secara rutin mengajak putrinya, Keisha Andryananto (7), untuk menanam pohon. Penanaman pohon ini dilakukan setiap tahun bertepatan dengan hari ulang tahun Keisha.

"Saya membiasakan mengajak keisha untuk menanam pohon setiap ulang tahun," terang Valerina dalam peluncuran buku 4 Sahabat Super yang ia tulis bersama Keisha di Indonesia International Book Fair 2016, Ahad (2/10).

Pada ulang tahun pertama Keisha, Valerina mengatakan ia dan putri pertamanya tersebut mananam tanaman persik ketika mereka masih tinggal di Australia. Kemudian, di ulang tahun kedua dan ketiga, Valerina dan Keisha menanam pohon jeruk serta kelengkeng. Lalu, pada ulang tahun Keisha keempat hingga keenam  saat mereka tinggal di Amerika Serikat, Valerina dan Keisha menaman bunga-bunga khas musim semi yang cantik.

"Saat ulang tahun yang ketujuh, di sini, kami juga menanam bunga-bungaan," tambah Valerina.

Melalui kegiatan menanam pohon ini, Valerina ingin menanamkan nilai pada anaknya bahwa mereka dapat melakukan hal-hal kecil yang bermanfaat untuk lingkungannya. Dari kegiatan ini, Valerina juga dapat memperkenalkan kekayaan alam khas Indonesia yang perlu dijaga bersama-sama.

Valerina berharap anak-anaknya akan memahami nilai bahwa hal-hal sederhana yang mereka lakukan bisa memberikan dampak yang besar bagi lingkungan jika dilakukan secara bersama-sama. Dimulai dari mengenali lingkungan, Valerina berharap anak-anaknya nanti akan tumbuh dengan rasa cinta terhadap lingkungan dan menjadi sosok dewasa yang akan menjaga lingkungan.

"Salah satu cara menjaga (lingkungan) ialah mengajarkan anak-anak untuk mencintai, sehingga ketika besar mereka akan menjaganya (lingkungan)," kata Valerina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement