Senin 03 Oct 2016 06:41 WIB

Tampil Bergaya dengan Batik? Ini Tipsnya

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Batik bisa dipadupadan agar sesuai dengan tampilan yang lebih gaya dan muda.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Batik bisa dipadupadan agar sesuai dengan tampilan yang lebih gaya dan muda.

REPUBLIKA.CO.ID, Dulu, pakaian batik mungkin terkesan formal dan tua sehingga hanya segelintir kalangan saja yang mengenakan batik untuk mendatangi acara-acara tertentu. Kini, kondisinya telah berbalik. Pakaian batik seakan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat di segala usia.

Pakaian batik pun kini tak hanya dapat dikenakan untuk menghadiri acara-acara formal tetapi juga saat berjalan-jalan santai. Senior buyer batik atau ahli batik dari Pasaraya, Liza Wijaya, mengungkapkan bahwa ada beberapa tips dalam memadumadankan pakaian batik untuk aktivitas-aktivitas santai dan kasual.

Salah satu tips yang diberikan oleh Liza ialah pemilihan warna pakaian batik. Liza mengatakan pilihan batik yang penuh warna cocok untuk dikenakan dalam acara-acara santai seperti berjalan-jalan.

"Lalu dipadukan dengan jeans sudah oke," jelas Liza saat ditemui di Pasayara the Pride of Indonessia, kawasan Blok M.

Meski batik penuh warna disarankan untuk suasana santai, Liza mengatakan tak menutup kemungkinan motif klasik pun bisa digunakan saat berjalan-jalan santai. Agar kesan yang ringan dan dinamis tercipta, Liza mengatakan motif klasik ini juga bisa dipadu-padankan dengan jins.

Selain itu, Liza juga mengatakan pilihan model pakaian batik pun tak kalah penting untuk membuat penampilan menjadi lebih trendi dengan batik. Untuk wanita, Liza mengatakan ada beberapa model pakaian batik yang bisa dikenakan seperti blazer hingga celana balon.

"Batik anak muda nggak harus dengan motif modern. Motif klasik yang dibuat dengan gaya masa kini juga memberi kesan muda," tambah Liza.

Sedangkan untuk pria, Liza mengatakan pilihan kemeja dengan potongan slim fit cenderung populer di kalangan konsumen. Agar terkesan lebih kasual, Liza mengatakan konsumen pria bisa memilih kemeja batik yang dikombinasikan dengan jenis bahan lain seperti jins.

"Jadinya, kombinasi antara batik klasik dan juga (kesan) modern," ujar Liza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement