Sabtu 01 Oct 2016 03:31 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Andi Nur Aminah
Profesor Shinobu Ishigaki berpose di dekat jejak kaki terbesar dinosaurus
Foto: Japantimes
Profesor Shinobu Ishigaki berpose di dekat jejak kaki terbesar dinosaurus

REPUBLIKA.CO.ID, OKAYAMA -- Para ilmuwan telah menemukan salah satu jejak kaki dinosaurus terbesar yang pernah ada. Jejak kaki dinosaurus tersebut untuk panjangnya berukuran lebih dari satu meter dan lebarnya sebesar 0,77 meter.

Jejak kaki dinosaurus ditemukan di Gurun Pasir Gobi, Mongolia. Menurut para peneliti dari Okayama University of Sains yang bekerja sama dengan peneliti Mongolia, jejak kaki tersebut tidak berbentuk lekukan, melainkan gifs.

Para peneliti juga memprediiksi jejak kaki ini kemungkinan adalah jejak kaki dinosaurus pemakan tumbuhan, Sauropod. Dinosaurus ini mirip dengan Titanosaurus.

Mengutip Japantimes, Sabtu (1/10), penemuan langka ini ditemukan Agustus pada lapisan geologi yang terbentuk 70 juta tahun hingga 90 juta tahun yang lalu di akhir Periode Cretaceous. Seorang profesor palenteologi Okayama University Shinobu Ishigaki mengatakan tim ini mencari daerah dinosaurus menetap.

Tim terdiri atas peneliti dari univesitas dan pusat paleontologi di bawah Mongolia Academy of Sciences. Ishigaki mengatakan temuan dapat membantu para ilmuwan memahami bagaimana dinosaurus berjalan. Sisi lain, jejak kaki serupa juga telah ditemukan di Maroko dan Prancis. Namun penemuan yang terbaru memiliki tanda-tanda yang paling jelas dari kuku.