Selasa 27 Sep 2016 09:38 WIB

Trik Bersihkan Kamar Mandi 15 Menit Saja

Kamar mandi
Foto: pexels
Kamar mandi

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak mudah meluangkan waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah bagi pribadi yang super sibuk. Contohnya saat harus membersihkan kamar mandi. Kegiatan yang cenderung membusankan dan malas untuk dikerjakan.

Namun, bila tak segera dibersihkan memicu beragam risiko, mulai dari kotoran yang menumpuk dan semakin susah dibersihkan, mengancam kesehatan, dan sebagainya. Jika ini menjadi masalah Anda coba ikuti cara berikut ini.

Ada lima langkah mudah untuk membuat kamar mandi bersih dan nyaman dipakai. Menariknya cara ini hanya membutuhkan waktu 15 menit saja dan dikhususkan untuk kamar mandi berukuran kecil, sekitar 2 x 3 meter. Apa saja langkahnya?

Siapkan Alat dan Kosongkan Kamar Mandi (2 Menit)

Dua menit cukup untuk mengosongkan isi kamar mandi dan menyediakan alat yang dibutuhkan. Satu di antaranya kantong plastik dan letakkan di gagang pintu kamar mandi. Gunanya untuk tempat sampah membuang sisa kotoran dan rambut yang tersangkut dekat saluran air dan sudut tertentu di dalam kamar mandi.

Setelah itu, jangan lupa untuk memindahkan sementara handuk, pakaian, dan perabotan mandi lainnya. Untuk memungut kotoran dan rambut Anda bisa memakai tisu atau plastik bila perlu.

Semprotkan Air (3 Menit)

Gunakan shower atau selang bertekanan besar dan kuat untuk menyemprot dinding kamar mandi. Lakukan juga pada rak tempat perabotan dan lantai. Tekanan yang kuat akan membuat noda-noda seperti lumut dan jamur terangkat. Setelah itu, tambahkan sedikit sabun pada bagian yang telah disemprot tadi.

Mulai Menggosok (6 Menit)

Gunakan karet pembersih (alat yang serupa untuk membersihkan jendela) ketika menggosok dan membersihkan dinding hingga lantai kamar mandi. Setelah itu bilas semua bagian dengan shower hingga bersih dan diamkan mengering. Setelah itu basuh wastafel dengan spons dan bisa ditambahkan dengan air sabun agar lebih bersih. Bilas dengan air bersih dan keringkan kembali memakai spons.

Bersihkan Toilet dan Shower (3 Menit)

Langkah selanjutnya ialah membersihkan toilet. Siapkan spons khusus toilet dan sebaiknya jangan menggunakan sikat serta bahan kimia. Basuh toilet dengan spons basah dan keringkan dengan spons kering.

Setelahnya, bilas shower dan gagangnya dengan air. Gunakan spons untuk membasuh hingga tidak ada noda tertinggal. Lalu siram dengan air bersih dan biarkan mengering sendiri.

Kembalikan Perabotan Kamar Mandi (1 Menit)

Terakhir, masukkan kembali semua perabotan  kamar mandi yang dikeluarkan tadi. Jangan lupa membuang barang dan produk yang sudah tak digunakan. Pastikan kamar mandi berisi peralatan yang dibutuhkan saja, agar terlihat lapang dan nyaman digunakan.

sumber : Rumahku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement