Selasa 20 Sep 2016 16:27 WIB

Ini yang Bikin Main Gim Video Menyenangkan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Pria bermain gim video
Foto: pixabay
Pria bermain gim video

REPUBLIKA.CO.ID, Main gim video memang menyenangkan. Majalah Fortune edisi Februari 2016 merilis, lebih dari seribu gim baru dirilis tiap tahun di Amerika Serikat dengan penjualan tahun 2015 mencapai 23,5 miliar dolar AS.

Namun, apa sebenarnya yang membuat para pencinta gim ketagihan memainkannya? Studi yang diterbitkan pada Human Factors: The Journal of the Human Factors and Ergonomics Society mencoba menelaahnya secara ilmiah.

Para peneliti memformulasikannya dalam ukuran yang disebut Game User Experience Satisfaction Scale (GUESS). Instrumen tersebut mengukur skala kepuasan pemain gim dari berbagai faktor termasuk kemudahan permainan, narasi, kebebasan kreatif, konektivitas sosial, dan estetika visual.

Penelitian multifase yang komprehensif itu menganalisis lebih dari 600 gamer dari berbagai tingkat pengalaman. Mereka diminta merespons sekira 450 gim komersial dalam banyak genre.

Tim studi menemukan bahwa sembilan subskala GUESS bisa membantu pengembang gim mengumpulkan dan mengevaluasi umpan balik terhadap kualitas produknya. Penelitian juga masih dikembangkan untuk proses validasi agar dapat digunakan oleh para peneliti dan praktisi.

"Instrumen ini memiliki potensi untuk menjadi standar untuk mengukur kepuasan bermain gim video," kata salah satu peneliti, Mikki H Phan Phan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement