Senin 19 Sep 2016 06:27 WIB

Angkat Telepon dengan Tangan Berbeda Pengaruhi Kekuatan Sinyal

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Pria sedang menelepon.
Foto: pixabay
Pria sedang menelepon.

REPUBLIKA.CO.ID, Menggunakan tangan berbeda saat membuat atau menerima panggilan telepon ternyata bisa memberikan pengaruh tersendiri. Hal itu terungkap dalam sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Aalborg University.

Mereka membandingkan transmisi sinyal radio pada sejumlah merek ponsel pintar. Hasil masing-masing ponsel ternyata berbeda, tergantung pada sisi mana Anda lebih sering memakainya.

Sebagian ponsel lebih baik menerima sinyal saat dipakai melakukan panggilan telepon dengan tangan kanan. Perbedaan mencolok tampak pada beberapa seri ponsel iPhone besutan Apple.

Pengguna iPhone 6S yang mengangkat telepon dengan tangan kiri membuat ponsel terbatas menangkap sinyal sebesar 8,7 decibel miliwatts (dBm). Saat digunakan dengan tangan kanan, sinyal menguat hingga 15,1 dBm.

Sama halnya dengan iPhone 6S Plus yang mentransmisi 18,7 dBm sinyal di tangan kanan tetapi hanya 6,5 dBm di tangan kiri. Begitu pula seri HTC Desire 626 yang lebih kuat sinyalnya jika digunakan menelepon dengan tangan kanan.

Sebaliknya, beberapa smartphone lebih kuat menerima sinyal saat digunakan dengan tangan kiri. Laporan menyebutkan, kinerja komunikasi suara pada ponsel memang sangat bergantung pada sisi mana dari telepon yang paling banyak difungsikan.

"Variasi kinerja untuk pengukuran layanan data masih cenderung signifikan, namun tak sebesar pada pengukuran suara," tulis peneliti dalam laporan tersebut, dilansir dari laman Metro UK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement