Rabu 14 Sep 2016 21:28 WIB

Hal yang Perlu Diketahui Saat Merawat Anggrek

Rep: MGROL77/ Red: Andi Nur Aminah
Bunga anggrek di Kawasan Buandaran HI Jakarta
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Bunga anggrek di Kawasan Buandaran HI Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merawat bunga anggrek membutuhkan perawatan yang benar. Salah satunya adalah memperhatikan cara penyiraman dan pemberian pupuk tertentu.

Di Sentra Taman Anggrek Ragunan Jakarta Selatan, pecinta anggrek dapat bertanya mengenai seputar bunga anggrek. Menurut Ray Rahardian, penjaga tanaman hias di area kavling 8 Taman Anggrek Ragunan, anggrek membutuhkan cahaya matahari yang cukup. "Untuk merawat anggrek jangan terlalu kena panas matahari supaya anggrek tidak cepat mati. Usahakan tempatnya sejuk agar tahan lama," ujar Ray di Jakarta, Rabu (14/9).

Selain itu, penyiraman juga perlu diperhatikan. Karena anggrek dipengaruhi juga dengan media tanam seperti arang. Sementara penyiraman yang baik Ray menjelaskan penyiraman harus langsung ke akar dan daun agar cepat menyerap, khususnya pada anggrek bulan.

Karena penyakit atau hama sering menyerang anggrek, Ray menjelaskan memberikan insektisida dan fungisida seminggu sekali bisa mencegah datangnya hama. Selain itu pupuk Gaviota 63, vitamin B1 dan Gaviota 67 juga bisa digunakan untuk melebatkan daun dan pertumbuhan batang.

Cara penggunaan pupuk gaviota untuk anggrek, Ray mengatakan cukup hanya melarutkan dua sendok gaviota ke dalam dua liter air. Kemudian barulah disemprotkan kepada akar, batang dan daun dengan dengan menggunakan //sprayer agar anggrek dapat bertahan lama dan tetap cantik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement