Rabu 07 Sep 2016 14:50 WIB

Tips Rawat Gigi Anak Sejak Dini

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Mengajarkan anak untuk sikat gigi
Foto: Health
Mengajarkan anak untuk sikat gigi

REPUBLIKA.CO.ID, Peran orang tua, terutama ibu, sangat penting dalam merawat kesehatan gigi anak sejak dini. Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia Cabang Jakarta, Eva Fauziah, membagikan tips agar kesehatan gigi buah hati senantiasa terjaga seperti bertikut ini.

Minum susu dengan gelas

Setelah si kecil selesai menyusu, biasakan untuk membersihkan sisa susu pada gigi dengan air putih untuk mencegah karies gigi. Selain itu, buat anak terbiasa minum susu dengan gelas atau sendok jika sudah memasuki usia dua tahun.

Hindari isap ibu jari

Alihkan perhatian anak setiap kali ia mengisap ibu jari atau memasukkan benda asing ke rongga mulutnya. Soalnya, sembarangan menggigit benda bisa menyebabkan gangguan susunan gigi atau maloklusi dan mengganggu pencernaan anak.

Latihan mengunyah

Latih anak untuk mengonsumsi makanan padat sesuai tahapan perkembangan usianya. Proses itu bisa membuat anak mengenali berbagai tekstur makanan dan merangsang tumbuh kembang rahang dan gigi geligi.

Kurangi ngemil

Terlalu banyak konsumsi makanan manis dan minum soda bisa memicu terjadinya plak dan produksi asam sehingga memicu demineralisasi email. Beri anak alternatif makanan kecil lain yang sehat seperti buah-buahan.

Sikat gigi dengan benar

Menurut survei, sebanyak 93,8 persen masyarakat Indonesia sudah menyikat gigi dua kali sehari. Sayangnya, 77,1 persen di antaranya masih belum benar melakukannya.

Ajarkan dan dampingi anak menyikat gigi dengan benar dari arah gusi ke gigi selama minimal dua menit. Alih-alih saat mandi, waktu ideal sikat gigi yakni pagi hari sesudah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Biasakan ke dokter gigi

Sejak masih berusia satu tahun, ajak anak mengunjungi dokter gigi tiap enam bulan sekali. Jangan takut terkena biaya mahal karena kini telah banyak layanan berkualitas yang terjangkau di Puskesmas dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement