Senin 05 Sep 2016 14:29 WIB

Soundrenaline 2016 Sedot 100 Ribu Pengunjung

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Winda Destiana Putri
Soundrenaline 2016
Foto: Google
Soundrenaline 2016

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR - Festival bertaraf internasional​, Soundrenaline, telah memasuki tahun ke-14. Di tahun ini, Soundrenaline mampu menyedot perhatian 101.520 pengunjung di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, selama dua hari, pada 3-4 September kemarin.

Tak hanya berbekal daftar panjang musisi berkualitas yang tampil di lima panggung megah, keberhasilan Soundrenaline 2016 juga lahir dari sebuah konsep yang unik, ‘kolaborasi gila-gilaan!' Kolaborasi tidak hanya dilakukan musisi yang saling berbagi inspirasi tetapi juga oleh para komunitas dan pengunjung yang hadir.​

"Penikmat musik kini tidak hanya sekedar mencari hiburan musik, tapi sebuah pengalaman festival yang one-of-a-kind. Kami mampu menyatukan musisi dari berbagai aliran musik dan juga berbagai komunitas kreatif dalam Soundrenaline 2016," ujar Managing Director Kilau Indonesia, Noviar Rustam, selaku penyelenggara Soundrenaline 2016, Senin (5/9).

Dengan mengusung tema Louder Than Ever, deretan musisi yang meramaikan panggung Soundrenaline 2016 cukup beragam. Kehadiran nama besar langganan Soundrenaline seperti Sheila On 7, Seringai, dan NAIF kini disandingkan dengan Efek Rumah Kaca, Isyana Sarasvati, dan Kelompok Penerbang Roket yang baru pertama kali menjajal panggung Soundrenaline. Soundrenaline juga memberi ruang bagi musisi indie baru Indonesia seperti Scaller, Poison Nova dan Morganostic untuk tampil.

"Kami tak ragu memberi kesempatan bagi band-band tersebut untuk naik di A Stage yang berkapasitas 15 ribu penonton," kata Novi.

Soundrenaline juga berkolaborasi dengan komunitas kreatif seperti Catalyst Arts, Localbrand.id, dan Grafis Huru Hara. Panji Putra, perwakilan 8 anggota Grafis Huru Hara mengungkapkan, memadukan 52 warna untuk menyuarakan satu irama di medium 40x14m adalah tantangan terbesar baginya.

"Kami yang biasa berkarya secara individu, dipersatukan dan ditantang untuk mendesain dekorasi panggung Go Ahead di Soundrenaline 2016. Apalagi ketika kami tahu Bloc Party, salah satu musisi internasional, juga tampil di panggung tersebut," tutur Panji.

Kedatangan tiga musisi internasional, yaitu Simple Plan, The Temper Trap dan Bloc Party, juga semakin melengkapi kemeriahan Soundrenaline 2016. Mereka banyak berkolaborasi dengan musisi Indonesia, di antaranya Tantri Kotak yang berduet dengan Simple Plan dan Stefiano Barasuara yang berkolaborasi dengan The Temper Trap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement