Senin 05 Sep 2016 08:03 WIB

Pendarahan Saat Hamil? Ini Tipsnya

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Wanita hamil
Foto: pixabay
Wanita hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibu hamil sangat mudah paranoid dan takut ketika mengalami pendarahan sepanjang kehamilannya. Pendarahan atau bleeding membuat wanita biasanya membayangkan skenario terburuk.

Sebelum panik, pergilah kontrol ke dokter atau bidan untuk mengetahui penyebab pendarahan dan langkah antisipasi segera. Spesialis prakelahiran, Susie Gower mengatakan scaning merupakan hal yang perlu dilakukan. Berikut tips selanjutnya yang perlu dilakukan ibu hamil saat mengalami pendarahan, dilansir dari Mother and Baby UK, Senin (5/9).

Berpikiran terbuka

Tetap berpikiran terbuka ketimbang fokus pada ketakutan Anda. Ibu hamil yang mengalami pendarahan sangat penting menjaga emosi tetap stabil dan jauhkan skenario terburuk dari pikiran. "Latihan pernapasan itu sederhana, namun efektif. Tarik napas dalam sampai hitungan keempat, mulai lepaskan pada hitungan keenam, dan hembuskan sekali lagi pada hitungan kedelapan," kata Gower.

Tetap tenang dan istirahat

Coba untuk tetap melanjutkan latihan pernapasan sederhana. Tutup mata dan bayangkan warna favorit Anda mengisi tubuh dari kaki hingga kepala. Tenang dan beristirahat akan memblokir setiap pikiran negatif yang datang.

Curhat

Ceritakan atau curhat pada orang yang bisa dipercaya, apakah itu suami, ibu, atau sahabat. Ini mengingatkan bahwa Anda tidak sendirian. Ada orang-orang tercinta di sekeliling Anda. Mereka akan memberi tahu Anda tetap tenang, memberi pelukan penyemangat, sampai Anda bertemu dengan dokter atau bidan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement