Jumat 02 Sep 2016 06:56 WIB

Tips Agar Tetap Fokus Saat Lelah Bekerja

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Fokus atau berkonsentrasi
Foto: ist
Fokus atau berkonsentrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Saat berangkat kerja di pagi hari, Anda mungkin bersemangat dan sangat termotivasi. Namun, beranjak siang, tak jarang rasa lelah, lesu, dan jenuh mulai melanda.

Penurunan energi tersebut adalah hal yang wajar. Bahkan, orang paling sukses di dunia tak akan produktif sepanjang waktu.

Akan tetapi, rupanya ada cara untuk menyeimbangkan dan mengelola energi agar tak kunjung habis. Berikut empat cara yang patut dicoba supaya bisa tetap fokus.

Ambil jeda teratur

Agar energi terkelola dengan baik, disarankan untuk mengambil jeda istirahat secara teratur. Aplikasi produktivitas DeskTime menganjurkan bekerja produktif selama 52 menit kemudian beristirahat selama 17 menit.

Makan dan minum

Berjalanlah ke dispenser atau mesin kopi ketika energi mulai berkurang. Asupan makan dan minum teratur selama bekerja akan meningkatkan produktivitas sehingga Anda tetap fokus.

Batasi gangguan

Email masuk, notifikasi Facebook, dering telepon, atau percakapan Whatsapp bisa mengalihkan perhatian dari pekerjaan yang tengah Anda selesaikan. Batasi gangguan tersebut dan cobalah benar-benar fokus selama sekira satu jam tanpa merespons hal lain.

Tetapkan tujuan

Selalu ada tugas harian yang harus Anda selesaikan di tempat kerja. Namun, cobalah mencermati hal yang lebih besar dan bertanya pada diri sendiri apa tujuan Anda melakukan pekerjaan tersebut untuk mengatur fokus dan menyemangati diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement