Kamis 01 Sep 2016 19:19 WIB

Ini Dia Keunggulan Tenun NTT

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Kain tenun NTT
Foto: Dede Lukman Hakim
Kain tenun NTT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kain tenun. Salah satu yang istimewa adalah tenun Nusa Tenggara Timur (NTT). Apa istimewanya?

Pemilik Butik Levico yang juga pecinta kain tenun NTT, Julie Laiskodat, menjelaskan salah satu keunggulan tenun NTT adalah cara membuatnya. Tenun NTT ada tiga cara pembuatannya. Pertama tenun ikat, teksturnya tidak timbul tapi rata. Yang kedua tenun sotis dari Sumba Timur yang timbul di satu sisi. Satu lagi, tenun buna yang timbul di kedua sisinya.

Sementara untun warna, karena berasal dari 22 kabupaten maka warna yang disajikan pun berbeda-beda. Warna tenun yang berasal dari daratan timur lebih ngejreng. Sementara yang dari Flores warnanya lebih natural atau warna-warana alam, seperti batu, kayu atau tanah.

Sedangkan motifnya sendiri seperti motif binatang, tengkorak raja dan lainnya juga termasuk kelebihan NTT. "Kalau tenun dari tempat lainnya hampir rata-rata motifnya lebih abstrak atau sesuatu yang tidak jelas. Kalau kami semuanya ada," ujarnya dalam konferensi pers Indonesian Talents Goes Global di Jakarta, Kamis (1/9).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement