Kamis 01 Sep 2016 12:35 WIB

Berwisata Saat Musim Hujan, Ini Kiatnya

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Melakukan perjalanan wisata saat hujan. Ilustrasi
Foto: Huffingtonpost
Melakukan perjalanan wisata saat hujan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Ada persiapan khusus yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan wisata saat musim hujan. Sutiknyo, travel blogger yang juga dikenal dengan julukan Tekno Bolang membagikan sejumlah kiat agar liburan Anda tak terganggu.

Pria kelahiran Pati, 20 Mei 1979 itu menyebutkan, hal utama ialah memperhatikan kondisi kesehatan tubuh. Keperluan pribadi seperti obat-obatan dan vitamin menjadi hal yang tak boleh dilupakan mengingat belum tentu tersedia apotek di tempat yang akan didatangi.

"Banyak-banyak makan buah, konsumsi madu, atau minum banana milkshake hangat membantu menjaga kondisi dan daya tahan tubuh," ungkapnya.

Pemilik blog lostpacker.com itu mengingatkan untuk selalu membawa baju hangat dan mantel hujan. Terlebih, saat berwisata di alam bebas seperti naik gunung atau ke pantai.

Menurut Sutiknyo, cuaca ekstrem kerap tidak bisa diprediksi. Namun, riset kecil-kecilan tetap harus dilakukan dengan mengecek kondisi dan cuaca tempat yang dituju.

Sutiknyo yang sudah membolang sejak tahun 1999 biasanya menggunakan aplikasi AccuWeather dan Sun Surveyor. Keduanya disebut sangat membantu dirinya saat akan membuat konten perjalanan berupa foto dan video.

"Harus jadi smart traveler, juga tetap waspada agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain," ujar pria yang mendapat penghargaan Best Male Blogger 2013 SkyScanner itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement