Selasa 30 Aug 2016 12:16 WIB

7 Cara Mendapatkan Karier Impian

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Mencari pekerjaan yang cocok dambaan tiap orang (ilustrasi)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Mencari pekerjaan yang cocok dambaan tiap orang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Karier impian bisa berbeda bagi setiap orang. Jalan meraihnya pun tidak selalu mulus. Untuk mendapatkannya, Anda bisa memulai dengan melakukan beberapa langkah yang dianjurkan konsultan karier Ryan Kahn, dikutip dari Business Insider.

Bereksperimen

Cara terbaik untuk menemukan karier yang paling sesuai dengan diri adalah dengan mencoba banyak hal baru. Ikuti berbagai magang dan pelatihan untuk mendapatkan banyak pengalaman serta menemukan apa yang benar-benar menjadi minat Anda.

Buat daftar prioritas

Tuliskan  pekerjaan, tugas, hingga rekanan yang Anda sukai dan tidak Anda sukai. Mengidentifikasi hal itu akan membantu Anda menemukan karier yang cocok dengan tipe kepribadian.

Ketahui keunggulan diri

Mengenal diri sendiri adalah kunci menuju karier impian yang sempurna. Ketahui keunggulan kepribadian Anda, hal terbaik yang bisa Anda lakukan, dan semua keterampilan-keterampilan Anda.

Tetapkan lingkungan kerja ideal

Menetapkan lingkungan kerja ideal yang Anda inginkan bisa merujuk pada pilihan jenis pekerjaan yang sesuai. Kecenderungan Anda lebih nyaman melakukan proyek berkelompok atau tugas individu, misalnya, akan jadi dasar putusan untuk memulai startup kecil atau bergabung dalam perusahaan mapan.

Manfaatkan jaringan

Teman-teman, keluarga, dosen, hingga kelompok alumni bisa menjadi jaringan potensial untuk mendapatkan karier impian. Informasi berharga dari mereka hingga saran yang ditawarkan bisa mengantar Anda menuju kesuksesan.

Pertimbangkan tingkat pendidikan

Pertimbangkan tingkat pendidikan sesuai dengan pekerjaan yang Anda impikan. Misalnya, Anda bisa menambah keterampilan lewat kursus, seminar, dan pelatihan tambahan atau menambah gelar dengan menempuh studi di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Cermati tingkat pengalaman

Cermati tingkat pengalaman kerja Anda untuk mencapai tingkatan karier yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda tertarik menjadi manajer, cari batu loncatan yang akan membuat Anda lekas mencapainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement