Selasa 30 Aug 2016 07:57 WIB

Ajip Rosidi akan Sampaikan Pidato Kebudayaan pada Puncak Hari Puisi Indonesia

Seorang penyair sedang membacakan puisi.
Foto: Dok TPN
Seorang penyair sedang membacakan puisi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Puisi Indonesia akan diadakan di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, 11-12 Oktober 2016.  Selain baca puisi, Malam Anugerah Hari Puisi Indonesia yang merupakan puncak Hari Puisi Indonesia, 12 Oktober 2016  akan diisi pidato kebudayaan oleh sastrawan Ajip Rosidi, diskusi, panggung apriesiasi dan Sayembara Buku Puisi berhadiah total Rp 100 juta.

"Penyair dapat mengirim buku puisinya yang terbit pada 25 September 2015 hingga kini sebanyak lima eksemplar ke Sekretariat Panitia Hari Puisi Indonesia di PDS H.B. Jassin, Jl. Cikini Raya 73, Jakarta Pusat 10330. Buku puisi harus memiliki ISBN (disertai tanda terdaftar ISBN)  dan  diterima paling lambat 30 September 2016," kata Ketua Panitia Hari Puisi Indonesia Asrizal Nur dalam rilis yang diterima Republika.

Bendahara Hari Puisi Indonesia (HPI) Ariany Isnamurti mengatakan Dewan juri (Maman S Mahayana, Sutardji Calzoum Bahri dan Abdul Hadi WM) akan memilih buku puisi terbaik untuk mendapatkan hadiah Rp 50 juta dan lima buku puisi pilihan masing-masing Rp 10 juta. “Buku-buku dari para penyair terus berdatangan,” kata Ariany Isnamurti yang juga Kepala PDS H.B. Jassin.

Salah seorang inisiator  dan deklarator Hari Puisi, Rida K Liamsi, menambahkan pada malam puncak peringatan Hari Puisi Indonesia akan diluncurkan dua buku antologi puisi. "Pertama  buku berisi puisi para penyair Indonesia yang pernah dimuat di rubrik Hari Puisi di Harian Indopos. Kedua, buku yang berisikan puisi-puisi penyair Indonesia yang khusus disiapkan untuk memeriahkan perayaan Hari Puisi," ujar Rida K Liamsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement