Senin 29 Aug 2016 07:00 WIB

Gerakan Indonesia Segar Segarkan Taman Monas

Enam lapangan olah raga yang diperbaiki oleh Coca-Cola Indonesia (CCI) di Plaza Timur Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (27/8). (Republika/Agung Supriyanto)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Enam lapangan olah raga yang diperbaiki oleh Coca-Cola Indonesia (CCI) di Plaza Timur Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (27/8). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah taman-taman di Ibu Kota mulai banyak mengalami perbaikan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus meningkatkan kualitas diri dari masyarakat dengan menyediakan ruang publik yang lengkap. Namun langkah untuk mendirikan taman yang sehat, perlu adanya fasilitas olahraga yang mendukung.

Atas dasar hal tersebut, Coca-Cola Indonesia memiliki tujuan yang sejalan dengan Pemprov DKI. Melalui gerakan INDONESIA SeGar, Coca-Cola kembali melanjutkan komitmennya untuk menginspirasikan gaya hidup positif.

Setelah aktif menginisiasi berbagai gerakan publik, dan meningkatkan fungsi ruang publik, tentunya dengan menghadirkan berbagai fasilitas outdoor di taman-taman kota, kini Gerakan INDONESIA SeGar, hadir di Monumen Nasional (Monas), salah satu taman nasional yang menjadi ikon Indonesia di mata dunia.

Kolaborasi strategis bersama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Yayasan Dharma Bakti Mahaka, Coca-Cola Indonesia melalui Gerakan INDONESIA SeGar memperbaiki enam fasilitas olahraga yang terdapat di sekitar Monas. Direktur Coca-Cola Foundation, Titi Sadarini mengungkapan, perbaikan lapangan sudah dilakukan dari dua bulan lalu, dengan menggunakan standar  tinggi.

"Lapangan ini bisa dipakai untuk mereka yang pulang dari kantor atau sekolah. Di sini juga dilengkapi dengan lampu LED jadi bisa digunakan sampai malam, keindahan Monas pun semakin lengkap. Tahap persiapan juga nantinya akan ada publik toilet yang dalam waktu sebulan akan diselesaikan," kata Titi dalam sambutan peresmian di Monas, Sabtu (27/8).

Ada pun keenam fasilitas olahraga yang diperbaiki, yakni empat set lapangan futsal, satu set lapangan voli,  dan satu set lapangan basket. Seluruh fasilitas ini dibangun dengan standar kualitas lapangan yang tinggi dan menggunakan material yang didesain khusus untuk lapangan luar ruang (out door courts).

Untuk mendukung fungsinya, kata Titi, seluruh fasilitasnya dilengkapi dengan 24 perangkat lampu, yang kini menerangi ke enam lapangan. Sehingga akan menambah kenyamanan, serta memberikan kesegaran baru bagi wajah taman Monas, khususnya di malam hari.

"Kami mengucapkan terima kasih, sehingga Monas menjadi lebih baik. Kemudian nanti ada toilet yang sesuai standar, jadi warga bisa numpang mandi setelah berolahraga. Orang Jakarta kalau nggak macam-macam bisa mencapai usia 72 tahun, maka kita akan tingkatkan, sehingga bisa hidup sampai 80 tahun," papar Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Tersedianya ruang publik ini diyakini akan menjadi salah satu faktor meningkatnya kebahagiaan manusia. Masyarakat yang sering berkunjung ke taman, akan dapat menerapkan gaya hidup yang lebih positif, dengan berinteraksi kepada warga lain, berolahraga, dan lainnya.

Direktur Public Affairs and Communications Coca-Cola Indonesia, Triyono Prijosoesilo mengatakan, setelah turut menambah fasilitas di 19 Taman Kota di wilayah Jakarta dan Bandung selama dua tahun terakhir, Coca-Cola bangga bisa memperluas Gerakan INDONESIA SeGar ke salah satu ikon penting di negri ini. Monumen Nasional juga merupakan ikon identias sebuah bangsa, karenanya memiliki fungsi strategis yang lebih dari sekedar sebuah taman kota.

 

Bermutu tinggi

Proses perbaikan sendiri, menurut dia, dimulai dengan proses merapikan landasan lapangan. Tim INDONESIA SeGar kemudian mencoba mengubahnya menjadi lapangan olahraga luar ruang yang berkualitas, termasuk menggunakan proses pengerjaan, sigmaTurf rubber cushion system, yang merupakan sistem bantalan berlapis, dengan bahan karet yang diaplikasikan di atas permukaan beton. Tidak hanya baik secara visual, namun juga memberikan kenyaman ekstra kepada para penggunanya serta berdaya tahan baik terhadap cuaca.

Selebriti yang juga anggota Celebrity Happyballers, Mario Lawalata, turut hadir dalam acara tersebut  untuk menjajal lapangan basket yang baru ini. "Selama ini kita sebagai warga Jakarta selalu susah kalau mau mencari lapangan basket yang berkualitas. Sekarang kita bisa main basket di lapangan yang oke banget, dan yang buat lebih oke lagi mainnya persis di bawah Tugu Monas. Pastinya ada pengalaman tersendiri. "Salut," ungkapnya.

Fasilitas lapangan ini berlokasi di Plaza Timur Monas, tepatnya di dekat pintu gerbang arah Stasiun Gambir. Lapangan-lapangan ini gratis dan terbuka untuk umum dengan jam operasional, dari pukul 08.00 WIB hingga jam 22.00 WIB.

Gerakan INDONESIA SeGar sendiri pertama kali diluncurkan pada 2013 sebagai sebuah gerakan kolaboratif antara swasta, pemerintah, komunitas yang menginspirasikan gaya hidup positif. Selain menjadikan ruang-ruang publik menjadi ruang positif, INDONESIA SeGar juga menyasar komunitas pendidikan, dan komunitas muda melalui berbagai program seru, seperti kampanye Bergerak30, Program Active School, dan Program Active Park.

”Kami berharap dapat terus mendukung upaya Pemerintah menciptakan kota yang nyaman bagi warganya, mengembangkan dan memperbaiki fasilitas publik. Hadirnya fasilitas baru di MONAS ini setidaknya bukan hanya menginspirasikan gaya hidup yang lebih positif bagi masyarakat, khususnya masyarakat Jakarta, tapi juga bisa sedikit menambah kebanggan kita sebagai bangsa yang memiliki Taman Monumen Nasional yang semakin lengkap dan cantik”, papar Triyono.adv

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement