Sabtu 27 Aug 2016 15:09 WIB

Jazz Traffic Festival Bagian Objek Wisata Indonesia Timur

Rep: Binti Sholikah/ Red: Andi Nur Aminah
Jazz Traffic Festival
Foto: Antara
Jazz Traffic Festival

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Untuk keenam kalinya pentas musik jazz terbesar di Indonesia Timur, Jazz Traffic Festival (JTF) kembali hadir di Surabaya. Tahun ini Suara Surabaya Media berkolaborasi dengan PP Properti Tbk menggelar Jazz Traffic Festival di Grand City Surabaya pada 27 hingga 28 Agustus 2016.

 

PP Properti JTF 2016 mengusung konsep tiga panggung dalam dua hari (3 stages on 2 days). Pecinta musik jazz dapat menikmati acara yang digelar selama dua hari dengan penampilan lebih dari 200 artis dan sangat bervariasi.

 

Ada 40 performances yang akan disuguhkan dalam PP Properti JTF 2016. Para artis yang akan memeriahkan PP Properti JTF 2016 di antaranya, Glenn Fredly, Fariz RM, GAC (Gamaliel Audrey Cantika), Maliq & D'Essentials, Idang Rasjidi, The Groove, Virzha, Sierra Soetedjo, Dua Drum. Hadifr pula Alsa Quartet, Andre Hehanussa, Ari Lasso, Dwiki Dharmawan Jazz Connection feat Lea Simanjuntak, Barry Likumahuwa, Andien, Tohpati, Sheryl Sheinafia, Dekat, Eva Celia, Monita Tahalea, The Overtunes, Indro Hardjodikoro, Fusion Stuff, HiVi, Eastern State Quartet, Tiwi Shakuhachi Dkk, serta sejumlah artis lainnya.

CEO Suara Surabaya Media, Errol Jonathans, mengatakan, Jazz Traffic Festival (JTF) sudah menjadi objek wisata bagi turis domestik untuk wilayah Indonesia Timur. "Di Jazz Traffic yang lalu, ada komunitas jazz Makassar yang datang ke Surabaya untuk menonton. Banyak orang-orang yang datang dari daerah lain di Indonesia Timur," kata Errol dalam Jumpa Pers di JW Marriott Surabaya, Jumat (26/8).

Menurutnya, untuk perhelatan Jazz Traffic yang akan datang, panitia bisa membuat paket-paket wisata. Sehingga, selain menikmati musik Jazz, para pengunjung juga bisa menikmati wisata di Surabaya dan banyak objek wisata lain di Jawa Timur. "Kami akan sangat senang kalau event ini juga bisa mendorong pertumbuhan pariwisata," ujarnya.

Kali ini PP Properti Jazz Traffic Festival 2016 Beyond Space mendapat dua dukungan dari dua perusahaan BUMN Indonesia. PT PP Properti Tbk yang menyatakan mendukung perkembangan budaya, khususnya musik, di Surabaya. Serta, Bank Negara Indonesia (BNI) juga telah berpengalaman menjadi bagian ajang musik jazz di Ibu kota.

Ke depan, Errol mengatakan Suara Surabaya Media perlu membuat network dengan festival jazz lokal di daerah lain di Jawa Timur. Selain untuk memunculkan potensi-potensi musisi jazz di Tanah Air, khususnya di Surabaya dan Jawa Timur juga untuk mendorong agar festival musik jazz bisa mendongkrak pariwisata.

Sebab, daya tarik musik jazz di Indonesia sudah menyedot perhatian banyak kalangan. Tidak hanya kalangan tua, musik jazz kini juga digandrungi oleh kaum muda.

PP Properti JTF 2016 Beyond Space kali ini akan memadukan tiga panggung utama yang dikemas dalam tiga venue berbeda. Yakni di Convention Hall lantai 3 (indoor), Exhibition Hall lantai dasar (indoor) dan area parkir (outdoor), serta sebuah mini stage tambahan.

Pada hari pertama, panggung PP Properti JTF 2016 Beyond Space bakal dimeriahkan penampilan Glenn Fredly, Fariz RM, GAC (Gamaliel Audrey Cantika), Maliq & D'Essentials, Idang Rasjidi, The Groove, Virzha, Sierra Soetedjo, Dua Drum, Alsa Quartet. Juga Andre Hehanussa, MLD Jazz Project, Lyla, Danilla, Yuka, Korek Jazz, Best Friends Project, Trisouls, F Jazz C, dan Beat Project.

Kemudian di hari kedua, musisi yang bakal tampil antara lain Ari Lasso, Dwiki Dharmawan Jazz Connection, Barry Likumahuwa, Andien, Tohpati, Sheryl Sheinafia, Dekat, Eva Celia, Monita Tahalea, The Overtunes, Indro Hardjodikoro, Fusion Stuff, HiVi, Eastern State Quartet, Tiwi Shakuhachi Dkk. Selain itu ada juga Keroncong Liwet Java Kromatic, Vertical Band, ITS Jazz Band, Star Project Jazz, dan Jazz Community.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement