Senin 22 Aug 2016 08:59 WIB

Tips Membuat Es Batu di Rumah

Rep: Dwina Agustin/ Red: Andi Nur Aminah
Es batu
Foto: Youtube
Es batu

REPUBLIKA.CO.ID, Udara Indonesia yang panas dan lembab membuat es menjadi pendamping minuman terfavorit. Untuk menjaga kebersihan es ada baiknya lebih baik membut es batu sendiri bukan?

Permasalahan yang sering muncul ketika membuat es batu di rumah, maka ruang penyimpanan lemari pendingin semakin sempit. Agar menyimpan es batu lebih banyak di lemari es, maka mengakalinya bisa dengan memindahkan es batu mengguakan menggunakan plastik.

Es batu yang sudah berbentuk kubus, kemudian dipindahkan ke dalam plastik. Gunakan alat pencetak es tersebut untuk membuat es lagi. Rungan lemari pendingian akan lebih luas daripada ketika menumpuk banyak nampan pencetak es batu.

Disarankan pula gunakan cetakan es batu sesuai kebutuhan. Jika Anda sering menggunakna gelas-gelas kecil, ada baiknya memilih cetakan yang juga kecil. Mempersiapkan bentuk es batu sesuai kebutuhan akan lebih memudahkan ketimbang Anda harus menghancurkannya terlebih dahulu.

Untuk membuat tampilan minuman lebih cantik, selain memperkirakan ukuran es, mencari bentuk variasi dari bentuk es batu juga penting. Es batu tidak hanya berbentuk kubus, tapi sekarang ada juga pencetak es yang berbentuk macam-macam sehingga lebih manis menjadi hiasan.

Hanya saja, sering kali ketika minuman menggunakan es, minuman tersebut semakin didiamkan justru rasanya akan semakin hambar. Es batu terbuat dari air putih biasa, sehingga ketika mencair akan membuat minuman yang awalnya manis menjadi hambar.

Mengatasi hal tersbeut, Anda bisa membuat es batu dari bahan minuman yang sama. Seperti ketika Anda membuat es teh manis, coba sebelumnya buat es batu dengan menggunakan teh manis, jadi ketika akan memebuat es teh manis, es batu itu bukah hanya air putih saja, tapi sudah ada rasanya, dikutip dari Thekitcn, Senin (22/8)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement