Jumat 19 Aug 2016 07:25 WIB

Lahir Awal Tahun? Mungkin Anda Bisa Menang Olimpiade

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Joseph Schooling, atlet peraih medali emas Olimpiade.
Foto: Reuters
Joseph Schooling, atlet peraih medali emas Olimpiade.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Bagi Anda yang lahir tanggal 23 Maret, mungkin akan jadi langkah baik untuk sukses jika ikut dalam Olimpiade. Beberapa atlet pengumpul medali emas Olimpiade lahir pada tanggal tersebut.

Dikutip dari Independent, Jumat (19/8), ada empat peraih medali olimpiade yang memiliki tanggal lahir yang sama. Jason Kenny lahir tahun 1988, Sir Chris Hoy lahir tahun 1976, pelari jarak jauh Mo Farah lahir 1983, dan mantan pendayung Olimpiade, Sir Steve Redgrave lahir 1962.

Secara bersama empat atlet dan mantan atlet itu telah mengumpulkan 20 medali emas di delapan Olimpiade dari Olimpiade Los Angeles tahun 1984 hingga Olimpiade Rio tahun 2016.

Ternyata secara ilmiah pun tanggal lahir memiliki dampak cukup besar untuk menyumbangkan kesuksesan. Menurut penelitian oleh Queensland University of Technology, tanggal lahir sangat mempengaruhi keberhasilan dalam bidang olahraga.

Penelitian dilakukan dengan mempelajari data tanggal lahir pemain profesional Australian Football League (AFL). Dengan memeprtimbangkan awal tahun ajaran baru di Australia yang dimulai bulan Januari, maka anak-anak yang lahir lebih awal memiliki keuntungan lebi besar ketimbang anak-anak yang lahir pada bulan-bulan pertengahan bahkan akhir.

"Jika Anda lahir pada bulan Januari, Anda memiliki pertumbuhan hampir 12 bulan ke depan teman-teman sekelas Anda yang lahir di akhir tahun, jadi apakah Anda lahir pada 31 Desember atau 1 Januari bisa memiliki pengaruh yang besar pada kehidupan Anda," kata peneliti Adrian Barnett.

Penelitian lain pada olahraga voli, hoki es, sepak bola dan basket menemukan hubungan yang sama antara yang lahir di awal tahun dan di bulan-bulan berikutnya. Penelitian Inggris juga menemukan mereka yang lahir dekat awal tahun ajaran juga lebih baik secara akademis dan memiliki lebih percaya diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement