Senin 15 Aug 2016 17:18 WIB

Nescafe Ajak Anak Muda Ekspresikan Nasionalisme Lewat Musik

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Ajang Nescafe Musik Nation 2016
Foto: Dok Nescafe
Ajang Nescafe Musik Nation 2016

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebentar lagi Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Moment ini dijadikan Nescafe sebagai ajang membangkitkan semangat nasionalisme anak muda Indonesia. Karena bukan zamannya lagi menjadi anak muda yang kebarat-baratan.

Menyadari semakin tingginya semangat nasionalisme anak muda Indonesia, Nescafe tergerak menyediakan wadah bagi mereka dalam mengekspresikan semangat tersebut. Caranya dengan tetap up to date dengan perkembangan zaman.

Business Executive Manager Coffee & PPP Nestle Indonesia, Indrasena Patmawidjaja menjelaskan melalui 'Nescafe Musik Nation 2016', para musisi muda Indonesia dapat menunjukkan semangat nasionalismenya melalui berbagai lagu nasional dan daerah Indonesia yang diaransemen ulang. Bentuknya bisa berbagai genre musik seperti R & B/Pop, fusion jazz, reggae, alternative indie, rock hingga EDM.

Brand Eksekutif Nescafe Indonesia, Nadia Augustya menambahkan Nescafe Musik Nation merupakan pencarian bakat berbasis digital pertama yang dikuti oleh lebih dari 600 peserta dari seluruh Indonesia. Proses seleksi telah diselenggarakan dan 22 Februari hingga 7 April 2016. Peserta mengunggah karya-karya yang diperlombakan di akun YouTube 'Nescafe Musik Nation 2006'.

"Melalui voting secara online, terpilihlah 20 besar peserta yang mendapatkan kesempatan untuk bertemu dan dilatih secara langsung oleh musisi muda Indonesia yaitu Barry Likumahuwa dan Kunto Aji mengenai keterampilan dan pengetahuan industri musik," jelasnya dalam konferensi pers Nescafe Musik Nation yang diselenggarakan di dalam bus Nescafe, Jakarta, Senin (15/8).

Selanjutnya 10 musisi terpilih mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan kedua mentor tersebut dalam sebuah jamming session dengan konsep inkubator. Dimana mereka tampil dalam sebuah studio musik berbentuk kotak kaca unik yang ditempatkan di ruangan terbuka di Jakarta. Penampilan kolaborasi ini dapat dilihat pada akun YouTube resmi Musik Nation 2016 (NESCAFEID).

Indra menambahkan Nescafe selalu menjadi produk yang dekat dengan kehidupan anak muda. Pihaknya memahami seiring dengan perkembangan zaman, cara anak muda mengekspresikan dirinya juga berubah. "Oleh karena itu, dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, kami ingin memanfaatkan platform digital yang sudah tidak asing lagi bagi anak muda sebagai wadah bagi mereka menunjukkan semangat nasionalismenya melalui musik," ujarnya.

Mengusung //tagline 'Semua Berawal dari Nescafe,' Indra berharap karya-karya yang muncul dari Nescafe Music Nation dapat semakin menumbuhkan kebanggaan terhadap Indonesia. "Tidak hanya dari mereka yang tinggal disini, tapi juga di seluruh dunia," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement