Rabu 10 Aug 2016 21:52 WIB

Film Dokumentasi Raden Saleh akan Tayang di Singapura

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ilham
Lukisan Raden Saleh yang berjudul
Foto: (www.radensaleh.jerin.or.id)
Lukisan Raden Saleh yang berjudul "Penangkapan Diponegoro."

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Raden Saleh merupakan sosok pelukis Indonesia yang sangat melegenda. Perjalanan karyanya meninspirasi film dan akan tayang dalam pagelaran Singapore International Fetival of Art (SIFA).

Film tersebut merupakan hasil riset yang dilakukan Sardono W Kusumo selama 10 tahun. Film tersebut merupakan hasil penelusuran karya-karya dan kehidupan Raden Saleh yang berada di Prancis dan Ceko.

Dalam pagelaran internasional tersebut, film tersebut akan ditontonkan pertama kali. Durasi asli dari hasil riset sejak 2006 itu sepanjang 40 jam, hanya saja yang ditayangkan hanya enam jam saja.

"Saya bersyukur film ini akan ditayangkan juga selama tiga minggu di sana bersama film karya saya waktu masih muda," kata seniman berusia 71 tahun.

Pemilihan Raden Saleh, menurut Sardono, merupakan dampak dari penggalian riset ketika dia akan menampilkan perunjukan Diponegoro. Salah satu karya Raden Saleh menceritakan kisah tentang eksekuisi pahlawan nasional itu. Dari itu, Sardono mulai mendedikasikan diri melakukan riset mendalam tentang sosok Raden Saleh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement