Rabu 10 Aug 2016 14:14 WIB

Kenali Risiko Menggunakan Mobile Banking

Layanan mobile banking salah satu bank syariah di Tanah Air.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Layanan mobile banking salah satu bank syariah di Tanah Air.

REPUBLIKA.CO.ID, Tingginya jumlah kejahatan di dalam dunia perbankan, tentu akan menjadi sebuah hal yang patut kita cermati, terutama jika kita memang benar-benar telah terbiasa menggunakan berbagai macam aplikasi perbankan. Penggunaan mobile banking akan menjadi hal yang sulit untuk dihindarkan, sebab aplikasi ini memberi banyak kemudahan dalam berbagai transaksi keuangan yang kita lakukan.

Namun, mengingat tingginya risiko di dalam penggunaannya, maka akan sangat tepat jika kita memperhatikan dengan benar cara menggunakan dan juga mengantisipasi berbagai tindakan kejahatan di dalam mobile banking tersebut. Hal ini akan membantu kita untuk mengamankan rekening dan juga berbagai macam informasi serta dana yang terdapat di dalamnya.

Beberapa orang mungkin saja akan memilih untuk tidak menggunakan aplikasi ini di dalam smartphone mereka, namun tindakan seperti ini tentu akan menyulitkan dan mengganggu sejumlah aktivitas perbankan yang kita butuhkan. Cegah dan lakukan beberapa langkah di bawah ini sebagai antisipasi terhadap berbagai modus kejahatan yang mungkin akan mengganggu aktivitas mobile banking.

Gunakan sistem operasi yang up to date pada smartphone

Jangan malas untuk memperbarui sistem operasi di smartphone, hal ini akan membantu untuk memperbarui berbagai aplikasi yang terdapat di dalamnya, termasuk aplikasi keamanan yang kita gunakan di sana. Tindakan ini juga akan memperbarui aplikasi mobile banking yang kita gunakan, sehingga berbagai celah keamanan yang terjadi, bisa tertutupi dan diperbaiki.

Update secara otomatis

Jika memperbarui sistem smartphone menjadi sebuah hal yang sering terlupakan bagi kita, maka mulailah mengatur sistem update otomatis yang memang tersedia pada smartphone, sehingga berbagai aplikasi yang harus diperbarui tersebut bisa dilakukan dengan otomatis jika dibutuhkan.

Gunakan aplikasi yang resmi

Jangan sampai kita menggunakan sebuah aplikasi mobile banking yang palsu, sebab ini akan sangat berisiko pada sejumlah data dan juga dana yang terdapat di dalam rekening kita. Pastikan untuk selalu menggunakan aplikasi yang resmi.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement