Senin 08 Aug 2016 08:08 WIB

Pramuka dan Disney Gandeng Anak untuk Peduli Lingkungan

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault saat peluncuran Program Time Please yang merupakan kegiatan kerja sama Pramuka dengan he Walt Disney Company Indonesia
Foto: Adysha Citra R/Republika
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault saat peluncuran Program Time Please yang merupakan kegiatan kerja sama Pramuka dengan he Walt Disney Company Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usia bukan penghalang untuk bisa berbuat lebih dan memberi kontribusi bagi lingkungan. Melalui Time Please, The Walt Disney Indonesia dan Gerakan Pramuka mengajak anak-anak sekolah untuk turut berperan aktif dan memberi manfaat bagi masyarakat.

Country Director Disney Consumer Product dari The Walt Disney Company Indonesia, Mochtar Sarman, mengatakan ide Time Please berawal dari kegiatan sosial yang rutin diselenggarakan oleh The Walt Disney Company Indonesia. Dalam berbagai kegiatan sosial tersebut, para karyawan seringkali mengajak anak-anak mereka untuk turut serta melakukan aksi-aksi sosial.

The Walt Disney Company Indonesia kemudian melihat bahwa anak-anak sangat antusias untuk mengambil peran dalam kegiatan sosial yang mereka selenggarakan. "Timbullah ide Time Please. Tujuannya mengajak anak-anak untuk memberikan kontribusi pada masyarakat dalam kegiatan sosial," jelas Mochtar saat ditemui dalam peluncuran TimePause.id di Gandaria City Mall, akhir pekan ini.

The Walt Disney Company Indonesia kemudian menggandeng Gerakan Pramuka yang dinilai memiliki visi sama dalam hal pengabdian terhadap masyarakat melalui gotong-royong. Oleh karena itu, The Walt Disney Company Indonesia tidak hanya sekadar menjadikan Time Please sebagai program kegiatan sosial semata, tetapi sebagai ajang perlombaan bagi para anggota pramuka berusia tujuh hinga 15 tahun di lima kota besar Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Semarang dan Surabaya.

Melalui Time Please, para peserta lomba yang merupakan anak-anak sekolah ini dapat memilih kategori kegiatan sosial yang akan mereka lakukan. Kategori kegiatan sosial tersebut ialah Kesehatan dan Sanitasi, Lingkungan dan Konservasi, Literasi atau Pendidikan dan Kesadaran Sosial. Kegiatan-kegiatan sosial yang akan dilakukan oleh para peserta juga sekaligus mencerminkan sembilan nilai dalam Pramuka Gerakan Aksi Untuk Lingkungan (GAUL).

Dalam pelaksanaan kegiatan sosial, anak-anak pramuka dapat mengajak keluarga hingga tetangga untuk ikut serta dalam menjalankan aksi sosial yang mereka rencanakan. Peserta Time Please dengan kegiatan sosial terbaik dan waktu kontrivusi terbanyak nantinya akan dipilih sebagai pemenang.

"Ada sifat gotong-royong, kebersamaan dan kekeluargaan yang sangat cocok dengan sifat kepramukaan," terang Mochtar.

Untuk bisa berpartisipasi dalam Time Please, Mochtar mengatakan peserta lomba dapat mendaftarkan diri melalui laman resmi TimePlease.id. Setelah melakukan registrasi, para peserta dapat memasukkan deskripsi kegiatan sosial yang mereka lakukan dan berapa lama waktu yang dihabiskan dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement