Rabu 03 Aug 2016 14:00 WIB

Tips Agar Hidup Cepat Kaya

Keinginan untuk bisa menikmati kekayaan dapat terwujud dengan disiplin keuangan.
Foto:
Keinginan untuk bisa menikmati kekayaan dapat terwujud dengan disiplin keuangan.

Membenahi kondisi keuangan

Dengan mengetahui kondisi keuangan diri berdasarkan aset kekayaan dan penghasilan yang dimiliki, tidak ada salahnya jika senantiasa memperbaiki atau membenahi kondisi keuangan agar lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Pada umumnya tujuan keuangan adalah mewujudkan kondisi keuangan sesuai harapan dalam batas waktu tertentu. seseorang yang ingin bisa cepat kaya harus tahu apa yang diinginkan, jumlah biaya untuk mewujudkan keinginannya tersebut, cara mewujudkannya, dan bisa menentukan kapan kira-kira keinginannya itu dapat terwujud.

Dalam membiayai hidup memang hendaknya berasal dari penghasilan, bukan uang yang berasal dari hutang. seseorang yang ingin hidup kaya tidak boleh memaksakan diri untuk membeli atau membayar sesuatu di luar kemampuan penghasilannya. Mengambil hutang dirasa masih bisa dijalankan selama digunakan untuk hal yang produktif dan mampu meningkatkan nilai aset, contohnya mengajukan KPR untuk membeli rumah.

Penting pula untuk memiliki dana darurat yang cukup yang bisa digunakan saat musibah yang tidak diinginkan tiba-tiba datang yang mampu menggoncang sisi finansial. Untuk itu, maka perlu sekali menyisihkan sejumlah uang sebagai dana darurat setiap mendapatkan penghasilan. Harapannya, jika kemungkinan buruk itu datang, tidak perlu berhutang, tapi bisa memanfaatkan dana darurat dengan efisien. Sebagai tindakan perlindungan terhadap suatu kejadian atau musibah, perlu mempertimbangkan untuk memiliki asuransi.

Kurangi pengeluaran gaya hidup

Agar cepat kaya, pasti masih ada kaitannya dengan gaya hidup yang dijalankan. Gaya boleh-boleh saja tapi tidak berlebihan dan masih rasional dengan kepentingan kesejahteraan masa depan untuk mewujudkan hidup kaya. Lebih baik bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian, bersusah-susah dahulu untuk mewujudkan hidup kaya, yang nantinya bisa dinikmati tidak hanya cuma sesat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement