Rabu 27 Jul 2016 20:09 WIB

Anugerah Planet Muzik 2016 Digelar September

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Aksi Musisi Glenn Fredly dalam konser yang bertajuk Menanti Arah di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (17/10) malam.Republika/Edwin Dwi Putranto
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Aksi Musisi Glenn Fredly dalam konser yang bertajuk Menanti Arah di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (17/10) malam.Republika/Edwin Dwi Putranto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang penghargaan Anugerah Planet Muzik (APM) 2016 bakal kembali digelar. Kegiatan tahunan untuk mengapresiasi bakat terbaik industri musik Melayu itu akan berlangsung pada 30 September 2016 di The Theatre at Mediacorp, Singapura.

Terdapat 109 nominator dari 18 kategori penghargaan yang telah diumumkan dalam penyelenggaraan kali ke-15 tersebut. Sebelumnya, label rekaman dan distributor musik dari Singapura, Malaysia, dan Indonesia mengirimkan 420 kandidat selama periode 1 Juli 2015 hingga 31 Maret 2016.

"APM telah menjadi ajang penghargaan musik tahunan yang paling ditunggu di tiga negara tersebut, dan kami terus berusaha untuk membawa pertunjukan musik yang menarik untuk para penggemar musik Melayu," kata Zakiah Halim, Kepala Mediacorp Malay Community.

Nominator juara bertahan maupun nama-nama baru bersaing dalam ajang yang diselenggarakan bersama oleh Mediacorp Malay Community, Suria, Warna 94,2 FM, Ria 89,7 FM, dan Manja tersebut. Musisi teratas yakni penyanyi Malaysia Faizal Tahir yang mendapat tujuh nominasi, termasuk tiga untuk kolaborasinya dengan Elizabeth Tan, Aziz Harun, dan Harris Baba.

Penyanyi Singapura Taufik Batisah dan Sufie Rashid masing-masing menjadi nominator dalam enam kategori yang sama, sedangkan idola Malaysia Ayda Jebat mengantongi lima nominasi. Tercatat pula nama-nama musisi tanah air dari berbagai genre, termasuk Iwan Fals, Sheila Majid, Glenn Fredly, Once Mekel, Armand Maulana, Musikimia, dan belasan lainnya.

Selain ajang penghargaan, penonton APM 2016 bakal dihibur pertunjukan musik oleh para musikus dari tiga negara. Dari Indonesia, penyanyi Rizky Febian termasuk salah satu yang turut tampil pada malam penghargaan mendatang.

"Nanti menampilkan Kesempurnaan Cinta, tapi belum tahu lagunya akan diapakan atau kolaborasi dengan siapa. Yang jelas, ingin fokus perlihatkan kepada masyarakat di kancah internasional tentang karya saya," ujar Rizky yang menjadi nominator APM 2016 untuk kategori Artis Baru Terbaik (Lelaki) dan Lagu Paling Popular APM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement