Selasa 26 Jul 2016 15:24 WIB

Tips Cermat Belanja di Instagram

Instagram
Foto: pixabay
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, Dengan semakin berkembangnya jenis media sosial, banyak di antaranya yang dijadikan sebagai ajang promosi gratis berbagai produk yang dijual secara daring. Para pemilik online shop (toko daring) menggunakan jejaring sosial untuk memasarkan produknya untuk memperoleh pangsa pasar yang lebih luas lagi.

Instagram salah satunya, media sosial ini menampilkan gambar dan video. Penggunaan Instagram bagi pemilik akun sekaligus pemain toko daring memang sangat besar manfaatnya dalam menggaet calon konsumennya. Gambar produk tinggal diunggah serta diberikan keterangan lengkap, baik spesifikasi produk, harga, dan cara pemesanan.

Di sisi calon pembeli, belanja daring juga cukup praktis. Tinggal terhubung internet melalui smartphone atau laptop, bisa langsung membeli barang yang diinginkan atau yang dibutuhkan. Belanja daring dengan media sosial Instagram juga sama mudahnya dengan media sosial lainnya. Tapi secara umum, belanja daring selain mudah, juga mempunyai risiko. Perlu beberapa tips cermat belanja melalui Instagram agar meminimalkan faktor risiko yang ada.

Memperhatikan testimoni para pembelinya

Para pemilik toko daring yang menggunakan media promosi via Instagram tentunya memiliki follower yang banyak. Sebelum benar-benar membeli barang yang diharapkan, lebih baik mengecek komentar-komentar yang tertulis pada akun Instagram tersebut terlebih dulu. Seorang pembeli harus benar-benar teliti dan cermat agar tidak tertipu dengan toko daring abal-abal, yang berniat menipu atau menjual produk dengan kualitas rendah.

Saat ini, akun Instagram yang banyak pengikutnya belum menjamin sebagai toko daring yang terpercaya. Hal ini karena adanya pengikut bayangan untuk memberi kesan positif pada akun Instagram toko daring tersebut. jika banyak komentar yang bernada negatif, maka lebih baik mencari akun lainnya dengan menjual barang yang sama.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement