Senin 25 Jul 2016 11:09 WIB

Richard Sam Bera Beri Tips Siapkan Diri Ikut Triatlon

Rep: MGROL 68/ Red: Indira Rezkisari
Peserta melakukan salah satu olahraga dari cabang triatlon.
Foto: Antara
Peserta melakukan salah satu olahraga dari cabang triatlon.

REPUBLIKA.CO.ID, Olahraga triatlon adalah sebuah ajang yang melibatkan tiga olahraga berbeda, dan mesti dituntaskan secara berurutan dalam satu waktu. Tiga olahraga dalam triatlon umumnya adalah berenang, bersepeda, dan berlari. Jarak dari perlombaan triatlon ini sendiri cukup bervariasi.

Di Indonesia, jenis olahraga ini bukan hal yang baru. Menurut Richard Sam Bera seorang mantan atlet renang nasional dan bagian dari Federasi Triathlon Indonesia (FTI), olahraga triatlon adalah jenis olahraga yang paling cepat digemari di indonesia bahkan di dunia. Antusiasme di dunia dan di Indonesia sangat besar pada olahraga tersebut.

"Kita patut gembira karena kesadaran untuk menjalankan pola hidup sehat sudah banyak dijalankan. Semoga saja euforia kegiatan olahraga seperti triathlon ini terus berkelanjutan dan tidak hanya ikut tren saja nantinya," jelas Richard yang ditemui beberapa waktu lalu.

Mengingat olahraga triatlon mengombinasikan tiga cabang olahraga, seorang atlet yang piawai di salah satu cabang saja tidak serta merta akan bisa jadi juara. Pasalnya, selain membutuhkan kesiapan fisik dan mental luar biasa, setiap sesi juga memiliki strategi dan tantangan yang berbeda.

"Atlet perlu energi yang sangat besar, untuk memenuhi nutrisinya perlu mengonsumsi karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin yang mendukung aktivitas sehari-hari. Yang terpenting istirahat untuk mengembalikan daya tahan tubuh. Sering-sering minum air putih biar bisa menampilkan perfoma terbaik," ungkap Country General Manager Herbalife Indonesia, Andam Dewi.

Secara umum, ajang triatlon ini jelas bukan perlombaan yang enteng. Segala kemungkinan bisa saja terjadi saat kompetisi sedang berlangsung. Lantas apa saja cedera yang biasanya sering terjadi dan bagaimana cara mencegahnya?

"Yang banyak terjadi itu saat lari, karena tubuh sudah terlalu lelah mengikuti seri yang sebelumnya. Bagian yang paling sering kena adalah tubuh bagian bawah seperti lutut, mata kaki, dan otot kaki. Kalau di renang biasanya kena cedera tendon bahu," jelas Richard.

Dalam menyikapi gejala-gejala yang sering terjadi saat mengikuti ajang triatlon, maka yang wajib para atlet atau peserta lakukan adalah melakukan pemanasan terlebih dahulu agar menghindari kram. Selain itu, ketika tubuh lelah jangan lupa menjaga asupan cairan tubuh dengan minum air putih dan isotonik agar tubuh tetap fit dan sehat.

(baca: Model Kelly Tandiono Berambisi Ikut Triatlon)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement