Kamis 21 Jul 2016 07:54 WIB

Kebiasaan Memakai Ponsel yang Perlu Dihindari

Rep: Dwina Agustin/ Red: Andi Nur Aminah
Telepon genggam (ilustrasi)
Foto: axegreen31.blogspot.com
Telepon genggam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kebutuhan masyarakat saat ini sudah tidak bisa dijauhkan dengan ponsel. Jika dulu etika menggunakan ponsel hanya menjaga percakapan sesingkat mungkin dan mengontrol volume suarat, kini semua sudah berubah.

Maraknya penggunaan telepon genggam membuat etika berponsel semakin luas. Menggunakan ponsel saat ini tidak hanya untuk saling meakukan perckapan secara langsung namun ada kebutuhan lain yang dapat dipenuhi.

"Menjadi sadar berponsel dan orang lain mungkin tampak seperti hal yang jelas untuk dilakukan, tetapi di mana-mana telepon pintar telah menyebabkan beberapa praktik yang kurang sopan tumbuh," kata Anthony Scarsella, kepala penjualan gadget Gazelle, dikutip dari Mashable, Kamis (21/7).

Untuk menjadi pribadi yang beretika ketika menggunakan ponsel, berikut ini hal yang perlu diihat kembali.

Hindari topik sensitif di muka umum

Orang di samping Anda ketika berada di tempat umum tidak ingin mengetahuhi percakapan Anda dengan pasangan. Termasuk membicara sesuatu yang rahasia dari pekerjaan yang dilakukan mesti dihindari di muka umum. Sebaiknya, cari tempat yang cukup sepi dan terpencil untuk melakukan hal tersebut. Jangan biarkan orang lain bisa mendengar pembicaraan Anda.

Jangan selalu andalkan Google

Jangan menjadi orang yang selalu mengandalkaan Google untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Mesin pencarin Google memang sangat bermnfaaat untuk mencari informasi secara cepat. Tapi jika Anda memiliki waktu lebih, tunda pencarian tersebut saat itu dan cari sumber informasi yang lebih akurat.

Simpan ponsel ketika berada di sebuah acara

Saat jamuan makan, jangan sekali-kali mengeluarkaan ponsel selama acara. Ada baiknya menaruh di tempat yang aman dengan mode diam agar tidak mengganggu acara.

Jangan tinggalkan pesan suara (voicemail)

Menurut Scarsella, saat ini orang tidak suka menerima pesan suara dari orang lain. Sebaiknya saat ada bunyi untuk memulai pesan suara, Anda putuskan saja sambungan telepon itu dan coba kirim pesan terlebih dahulu.

Jangan gunakan ponsel di toilet

Sebuah survei Gazelle terbaru menyatakan dari 1.000 pengguna iPhone mengungkapkan, hampir 85 persen telah menggunakan ponsel mereka saat di kamar mandi. Sebaiknya jangan lakukan hal tersebut. Itu bisa saja menjadi risiko yang tidak sehat bagi Anda. Apalagi, saat menerima pangilan di toilet hanya akan membuat gema di dalam ruangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement