Ahad 17 Jul 2016 10:50 WIB

Queen Latifah Ikut Demonstrasi Anti-AIDS di Afsel

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Queen Latifah bersama para suster dalam konser Keep the Promise di Sahara Kingsmead Stadium, Afrika Selatan, Sabtu, 16 Juli 2016.
Foto: AP Images for AIDS Healthcare Foundation
Queen Latifah bersama para suster dalam konser Keep the Promise di Sahara Kingsmead Stadium, Afrika Selatan, Sabtu, 16 Juli 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, DURBAN -- Penyanyi dan aktris kenamaan Amerika Serikat Queen Latifah ikut bergabung dengan aksi demo anti-AIDS di kota Durban, Afrika Selatan, Sabtu (16/7). Ia berdemo bersama nenek-nenek yang membesarkan anak-anak yatim piatu karena penyakit tersebut.

Dilansir laman The Guardian, Ahad (17/7),  Queen Latifah membawa poster bertuliskan "Aku Peduli, Kamu?" Queen Latifah berdemo bersama sekitar seribu nenek-nenek di tengah persiapan Durban menjadi tuan rumah konferensi AIDS global pada Senin (18/7).

Salah satu nenek, Thandiswa Ndobela mengatakan sangat sulit hidup seperti ini bagi para nenek. Ia kehilangan dua anak perempuannya karena AIDS dan kini harus merawat delapan cucunya.

"Saya harus berjuang untuk semua anak-anak ini dan tak ada yang membantu saya. Saya merasa harus ke sini dan berbagi penderitaan saya dengan perempuan tua lainnya seperti saya di seluruh Afrika Selatan," ujarnya.

Demonstrasi kedua berjudul "Jaga Janji Anda" juga berlangsung. Kali ini pesertanya lebih banyak kaum muda. Mereka bergabung berasama Queen Latifah dan Menteri Kesehatan Aaron Motsoaledi.

Afrika Selatan telah dirusak oleh AIDS. UNICEF menyatakan ada dua juta anak yatim piatu karena penyakit itu.

Pangeran Harry dan Elton John juga dijadwalkan akan berbicara dalam pertemuan lima hari konferensi AIDS pada Senin di Durban. Mereka akan bergabung dengan sekitar 18 ribu ilmuan, juru kampanye, donor dan anggota parlemen akan  membahas bagaimana mengatasi pandemi yang telah merenggut lebih dari 30 juta jiwa dalam 35 tahun terakhir itu.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement