Sabtu 16 Jul 2016 22:45 WIB

MTQ Nasional Ikut Promosikan Wisata NTB

Red: Nur Aini
Suasana pantai di Pulau Gili Air, NTB, Selasa (9/12). NTB memiliki sejumlah lokasi wisata andalan seperti Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili AIr yang terletak di lepas barat laut Pulau Lombok dengan garis pantai berpasir putih dan memiliki gugusan terumbu
Foto: Antara
Suasana pantai di Pulau Gili Air, NTB, Selasa (9/12). NTB memiliki sejumlah lokasi wisata andalan seperti Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili AIr yang terletak di lepas barat laut Pulau Lombok dengan garis pantai berpasir putih dan memiliki gugusan terumbu

REPUBLIKA.CO.ID,MATARAM -- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat memanfaatkan Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional XXVI untuk mempromosikan produk unggulan terutama yang diproduksi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Asisten III Sekretariat Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) H Lalu Gita Aryadi, mengatakan, promosi produk unggulan daerah merupakan salah satu kegiatan yang menyemarakkan acara Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVI di NTB. "Promosi produk unggulan tidak hanya diikuti NTB, tapi seluruh daerah di Indonesia," katanya di Mataram, Sabtu (16/7).

Promosi produk unggulan, kata dia, bersamaan dengan NTB Expo, bazar kuliner dan makanan halal, festival hortikultura, dan pameran peradaban Islam yang digelar di area pameran sebelah utara veneu Islamic Center, mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2016. Kegiatan bidang ekonomi dan budaya tersebut, kata Gita, dikoordinasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), didukung Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB.

Asosiasi Perusahaan MICE dan Even Organizer se-NTB (INCCA NTB) telah berkoordinasi mempersiapkan even tersebut sejak empat bulan yang lalu. "Semua persiapan berjalan lancar. Stan yang disediakan sebanyak 278 unit sudah 90 persen terisi dan peminat terus bertambah. Area pameran baik pemantapan lahan, jaringan listrik dan air sudah hampir rampung, bahkan properti pameran sudah mulai terbangun," ujarnya.

Selain diadakan di venue utama MTQN di Islamic Center, kata dia, pameran produk unggulan daerah juga diadakan di Lombok Epicentrum Mall (LEM) Kota Mataram, dan akan diikuti 90 peserta dari kabupaten/kota se- Indonesia. Sementara untuk mendukung bazar kuliner halal yang di gelar di arena expo, panitia menyiapkan 40 unit stan yang akan diisi oleh restoran, lesehan, katering dan UMKM binaan badan usaha milik negara dan swasta, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi), dan dharma wanita. "Selain itu tersedia pula kantin sehat dan halal untuk melayani panitia, kafilah dan pengunjung di lantai satu gedung pendidikan sebelah barat Islamic Center," kata Gita.

MTQN XXVI di NTB, mulai 28 Juli hingga 7 Agustus 2016, akan diikuti oleh lebih dari 5.000 peserta dari 34 provinsi di Indonesia, dan rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement