Sabtu 09 Jul 2016 00:32 WIB

Tips Mengatasi Kebosanan Saat Macet

Rep: Aprilia Safitri Ramdhani/ Red: Andi Nur Aminah
Suasana macet (ilustrasi)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Suasana macet (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Semakin meningkatnya jumlah kendaraan yang ada di jalanan menjadi salah satu penyebab utama kemacetan di negara kita, khususnya di Ibukota Jakarta. Kondisi ini tak jarang justru hanya akan membuat kita seringkali merasa jenuh dan bosan.

Untuk itu, seperti yang dilansir Medibitztv dan Emirates247 pada Jumat (8/7) beberapa tips berikut mungkin dapat membantu dalam mengatasi kejenuhan saat sedang terjebak macet.

Menerima situasi

Kondisi lalu lintas yang semakin padat mungkin memang tidak dapat dihindari. Untuk itu, cobalah untuk berdamai dengan diri sendiri agar dapat mengurangi rasa cemas, bosan dan marah ketika menghadapi kondisi kemacetan seperti saat ini.

Tetap tenang

Usahakan untuk mengontrol emosi diri sendiri, terutama ketika ada kendaraan yang menyalip dan tidak sengaja memotong jalur yang kita lalui. Kemarahan hanya akan membuat suasana lebih tegang dan memancing stress serta frustasi.

Mendengarkan musik

Musik dengan volume keras dapat meningkatkan konsentrasi serta menghindari kita dari rasa kantuk dan bosan.

Makan makanan ringan

Ketika merasa lapar dan tidak dihiraukan, justru hanya akan membuat kita mudah tersinggung dan dapat memicu stress berkepanjangan.

Menelepon teman

Mengemudi sambil telepon memang sangat tidak dianjurkan, namun jika keadaan lalu lintasnya terjebak dalam kemacetan hingga sulit bergerak, menelepon seorang teman dapat membantu melampiaskan luapan emosional akibat kemecetan tersebut.

Dengarkan buku audio

Membaca buku, sebenarnya dapat mengatasi kebosanan pada saat menghadapi kemacetan lalu lintas. Ada banyak cara agar tetap dapat membaca meski harus menyetir di tengah kemacetan, salah satunya adalah dengan membaca buku cerita audio yang dapat di dengarkan di mana saja.

Bernyanyi dan ambil napas dalam-dalam

Kadang-kadang bernyanyi dengan suara keras atau mengobrol dengan stasiun radio favorit bisa menjadi salah satu solusi mengatasi kebosanan pada saat menghadapi macetnya lalu lintas. Jangan lupa untuk selalu mengambil napas dalam-dalam sebagai salah satu teknik relaksasi agar tetap tenang dan fokus pada perjalanan. Aprilia Safitri Ramdhani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement