Jumat 08 Jul 2016 09:45 WIB

Mau Menulis Blog? Simak Saran dari Blogger Sukses Ini

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Blogger
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Blogger

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda tertarik memulai sebuah blog atau melanjutkan kembali blog yang lama terbengkalai? Berikut saran dari Tricia Cusden, penggagas blog kecantikan Look Fabulous Forever untuk membuat dan 'merawat' blog Anda sendiri.

Pertimbangkan konten

Anda dapat menulis blog mengenai apa saja yang menarik minat, mulai dari mode, kecantikan, kuliner, wisata, teknologi, sampai proyek renovasi rumah. Sebelum mulai, pikirkan apakah topik Anda dapat berkelanjutan dan apakah Anda cukup berminat mengeksplorasinya dalam jangka panjang.

Pilih platform yang sesuai

Ada sejumlah situs gratis untuk membantu Anda membuat blog, seperti tumblr.com, blogger.com, weebly.com, atau WordPress.com. Situs-situs tersebut biasanya sudah menyediakan aneka template, jadi Anda hanya perlu menyiapkan nama blog yang menarik dan mewakili apa yang akan Anda bahas.

Posting teratur

Sebuah blog yang sukses adalah yang secara teratur diperbarui, baik harian maupun mingguan. Tetapkan jadwal tertentu dan coba menjalankannya dengan disiplin sebagai patokan waktu mengunggah tulisan.

Sebarkan di media sosial

Gunakan situs seperti Twitter, Facebook, dan Instagram untuk mempromosikan blog Anda. Anda juga dapat membangun jaringan dengan mem-followblogger lain.

Terlibat dengan pembaca

Keberhasilan blog juga terlihat dari kehadiran banyak pembaca. Untuk membangun keterlibatan, Anda dapat meluangkan waktu untuk membalas komentar pembaca terhadap posting-an Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement