Selasa 28 Jun 2016 08:42 WIB

Perusahaan Denmark Kembangkan Mesin Pemeluk untuk Autisme

Rep: MGROL 68/ Red: Indira Rezkisari
Seorang anak dengan autisme akan dinaikkan ke atas mainan sebelum perayaan Hari Autisme Sedunia di Beijing, Cina.
Foto: EPA
Seorang anak dengan autisme akan dinaikkan ke atas mainan sebelum perayaan Hari Autisme Sedunia di Beijing, Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, Perusahaan yang berbasis di Denmark telah mengembangkan sebuah mesin pemeluk yang disebut OrbisBox untuk membantu menenangkan mereka dengan autisme.

Perangkat ini memiliki panjang 163 sentimeter, lebar 85 cm dan tinggi 223 cm. Alat ini dapat pindahkan ke lokasi yang berbeda dan mengandung pelat sisi dengan ditutupi busa poliuretan.

Perangkat ini rencananya akan dikomersialkan berdasarkan penemuan Dr Temple Grandin yang diberi nama 'mesin pelukan'. Dr Grandin adalah juru bicara terkenal di dunia untuk autisme, ia menciptakan perangkat ini ketika di perguruan tinggi.

Setelah pengguna berada di dalam OrbisBox, pelat sisi akan mulai bergerak dan akan melawan tekanan dari mereka, kemudian meniru rasa pelukan. Berat tekanan dapat disesuaikan dari 10 kg sampai 30 kg.

Kotak telah dilengkapi dengan pengeras suara untuk menyetel musik yang menenangkan. Pencahayaan juga dapat diubah untuk membuat pengguna merasa lebih santai.

Autisme adalah gangguan perkembangan otak yang kompleks yang menurut para ilmuwan mungkin mempengaruhi anak laki-laki lima kali lebih daripada gadis. tanda-tanda autisme dapat mencakup kesulitan dalam interaksi sosial, kelakuan aneh pada suatu objek dan ketidaksadaran pada bahaya. Karena hipersensitivitas mereka, orang-orang dengan autisme sering tidak nyaman atau tidak mampu mencari kenyamanan dari orang lain.

Autisme adalah gangguan perkembangan yang berkembang di Amerika Serikat yang saat ini mempengaruhi sekitar 2 persen dari remaja laki-laki, atau 1 di 42 anak laki-laki, menurut Autism Speaks, dikutip Malay Mail Online.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement