Rabu 22 Jun 2016 12:04 WIB

Tak Dapat THR? Ini Cara Raih Penghasilan Tambahan

Tunjangan Hari Raya/THR (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Tunjangan Hari Raya/THR (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Mendapatkan THR adalah suatu kebahagiaan yang biasanya didapatkan oleh orang-orang kaum pekerja yang bekerja di instansi pemerintah, BUMN maupun swasta. THR ini biasanya akan diberikan oleh perusahaannya masing-masing 2 minggu sebelum menjelang hari raya.

THR ini menjadi angin segar bagi mereka yang memiliki cukup banyak kebutuhan selama Ramadhan hingga menjelang hari raya. Bagi para pekerja, mungkin THR akan segera mereka dapatkan dalam waktu yang tidak lama lagi, tapi bagaimana dengan pekerja yang memang tidak bisa mendapatkan THR, seperti para pelaku freelance, usaha kecil, buruh dan juga masyarakat awam lainya.

Anda yang tidak berprofesi sebagai pekerja tidak perlu khawatir, Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah untuk semua orang. Tidak mendapat THR dari perusahaan tempat bekerja, anda masih bisa mencari alternatif lain agar mendapatkan uang saat menjelang hari raya.

Berikut ini ada beberapa cara yang dilakukan  sebagian orang untuk tetap bisa mendapatkan THR menjelang hari raya. Berikut ulasannya.

Mengikuti Lomba Saat Ramadhan

Ada berbagai macam lomba yang biasanya diadakan saat bulan Ramadan hingga menjelang hari raya, yang diselenggarakan oleh lembaga tertentu. Lomba yang biasanya diadakan saat bulan Ramadhan tiba adalah, lomba MTQ, lomba menggambar atau juga lomba fotografi jalanan.

Anda bisa mengikuti salah satu dari lomba tersebut, jika memang anda memiliki keahlian yang sesuai dengan kriteria lomba tersebut. selain lomba itu, tentu masih banyak lomba lainya yang lebih seru. Anda bisa mencari informasi lomba ini melalui Google, dengan mengetik “lomba Ramadhan 2016” siapa tahu ada info lomba menarik di dalamnya, dengan hadiah yang cukup menarik.

Bekerja Menjadi Sopir Dadakan

Saat bulan Ramadhan akan berakhir dan menjelang hari raya, orang-orang sudah mulai mempersiapkan untuk pergi mudik ke kampung halamannya. Selain itu, mereka juga ada yang bersiap-siap untuk pergi berlibur. Ini bisa jadi peluang bagi Anda yang ahli mengemudikan mobil untuk menawarkan jasa menjadi sopir ke tempat tujuan yang pelanggan Anda inginkan. Pastikan Anda sudah berpengalaman menjadi sopir perjalanan antar kota dan lakukan perjanjian terlebih dulu dengan pelanggan mengenai segala hal yang menyangkut pekerjaan ini.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement